Nyontek Pakai Smartwatch, Siswa Masuk Daftar Hitam Universitas

1249177542937775683

Sekitar 3.000 siswa di Thailand harus mengulang kembali ujian masuk universitas setelah terungkapnya scam kecurangan yang melibatkan kamera dan smartwatch. Scam canggih terjadi di Rangsit University di Bangkok. Pihak universitas mengatakan bahwa tiga orang memfilmkan kertas ujian mereka dengan menggunakan kamera kecil yang tertanam dalam kacamata mereka.

Mereka kemudian mentransmisikan foto untuk tim yang berada luar yang kemudian mengirimkan pilihan jawaban yang benar ke smartwatch (jam tangan pintar) tiga siswa lainnya yang juga mengambil ujian. Salah satu pelaku mengaku membayar sebesar 24.000 dollar AS untuk jawaban yang benar untuk masuk ke sekolah kedokteran.

Sebagaimana diketahui persaingan sangat ketat untuk masuk ke sekolah kedokteran di Thailand, tetapi potensi imbalan tinggi karena banyak pasien dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Thailand untuk perawatan medis.

Rektor Rangsit University, Arthit Ourairat mengatakan bahwa siswa yang terlibat telah masuk daftar hitam dan tidak akan diizinkan untuk mengajukan permohonan untuk belajar Rangsit University. Sumber mengatakan mereka yang memfilmkan ujian keluar setelah ujian berlangsung setengah jalan sehingga mereka bisa mengirimkan film dari kertas ujian untuk tim luar. Para siswa yang terlibat tidak disebutkan namanya dan tidak jelas apakah mereka adalah bagian dari jaringan yang lebih luas.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Gizmodo