Pecandu Instagram Lebih Bahagia?

cara-upload-video-instagram-tanpa-crop-durasi-60-detik-1-menit

Instagram mungkin sebuah daya tarik yang sangat besar sekarang ini. Pengguna smartphone begitu menyukai aplikasi ini sehingga hampir setiap saat mengupload foto, apakah foto mereka sendiri, foto makanan atau foto perjalanan ke Instagram. Sepertinya tiada hari tanda Instagram.

Melihat kecanduan pengguna terhadap Instagram tersebut akan mudah untuk disimpulkan bahwa obsesi pengguna mendokumentasikan segala sesuatu mengambil kenikmatan dari pengalaman sendiri. Artinya pengguna lebih senang mendokumentasikan pengalaman mereka ke Instagram daripada menikmati pengalaman itu sendiri. Namun ternyata bukan demikian adanya.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang yang mengambil foto dari peristiwa sebenarnya menikmati kesenangan lebih. Kristin Diehl, peneliti dari University of Southern California mengatakan penelitian yang dilakukannya bersama dengan rekan-rekannya adalah penyelidikan ekstensif pertama yang meneliti bagaimana mengambil foto memengaruhi kenikmatan orang dari pengalaman mereka.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa, relatif terhadap mereka yang tidak mengambil foto, fotografi dapat meningkatkan kenikmatan pengalaman positif dengan meningkatkan keterlibatan. Para peserta yang mengambil foto dilaporkan menjadi lebih terlibat dalam kegiatan tersebut. Salah satu faktor penting yang telah terbukti memengaruhi kenikmatan adalah sejauh mana orang terlibat dengan pengalaman. Pengambilan foto membantu karena secara alami akan menarik lebih banyak orang ke dalam pengalaman.

Sumber: Daily Mail

Sumber Foto: anpoin.net