Pertumbuhan Ransomware Mengkhawatirkan

rsz_ransomware

Peneliti keamanan mengatakan bahwa pencuri cyber yang mengadopsi ransomware tumbuh secara mengkhawatirkan. Saat ini ada lebih dari 120 jenis ransomware yang teridentifikasi. Sementara peneliti keamanan yang lain telah melihat peningkatan 3.500% dalam penggunaan infrastruktur internet untuk tindakan kejahatan yang membantu kampanye ransomware. Kenaikan tersebut didorong oleh uang yang dihasilkan pencuri dari ransomware dan peningkatan kit yang membantu mereka menjerat korban.

Raj Samani, pimpinan Intel Security untuk Eropa mengatakan ransomware dan malware kripto meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan dan tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti. Sampel ransomware yang dilihat oleh perusahaannya telah meningkat lebih dari 25% dalam tiga bulan pertama tahun 2016.

Ia menyalahkan kenaikan tersebut pada tersedianya kode sumber secara bebas untuk ransomware dan debut layanan online yang memungkinkan mereka yang amatir memperoleh uang tunai. Bart Parys, seorang peneliti keamanan menambahkan bahwa ransomware mudah digunakan, risiko rendah dan menawarkan hadiah tinggi.

Parys dan rekan-rekannya kini telah mendata 124 varian terpisah dari ransomware. Beberapa jenis, seperti Locky dan cryptolocker dikuasai oleh geng individual, tetapi yang lain sedang digunakan oleh orang-orang yang membeli jasa dari pasar bawah tanah.

Indikator terpisah dari pertumbuhan ransomware berasal dari jumlah infrastruktur internet yang digunakan oleh kelompok di balik malware. Jumlah domain web yang digunakan untuk menjadi tuan rumah informasi dan sistem pembayaran telah tumbuh 35 kali lipat. Penjahat menggunakannya dan menyesuaikannya untuk setiap serangan. Itu artinya dengan meningkatnya domain web, malware otomatis akan bertambah.

Menurut Tomer Weingarten, pendiri perusahaan keamanan SentinelOne, penyebaran ransomware juga dibantu oleh trik yang digunakan oleh pencuri cyber untuk menghindari deteksi oleh perangkat lunak keamanan. Software anti virus tradisional tidak efektif dalam menangani jenis serangan. Geng di balik kampanye ransomware sangat pandai menyembunyikan kode jahat mereka.

Sumber: BBC