Artem Vaulin, Pemilik Kickass Torrents Dituntut 1 Miliar USD

Piracy

Seorang warga Ukraina yang diduga menjadi biang keladi dari situs pembajakan online terbesar di dunia, Kickass Torrents dituduh telah mendistribusikan lebih dari 1 miliar dollar AS salinan film, musik dan konten lainnya secara ilegal. Departemen Kehakiman AS meluncurkan tuntutan pidana terhadap Artem Vaulin, 30 tahun asal Kharkiv, Ukraina yang ditangkap di Polandia dan berada dalam daftar pencarian pihak berwenang AS atas pelanggaran hak cipta, pencucian uang dan tuduhan lainnya.

Vaulin diduga memiliki Kickass Torrents atau KAT yang dalam beberapa tahun terakhir telah mengalahkan Pirate Bay dan situs bajakan lainnya untuk menjadi sumber media bajakan terbesar di dunia. Tuntutan pidana mengatakan bahwa situs tersebut menawarkan lingkungan yang canggih dan user friendly sehingga penggunanya dapat mencari dan menemukan konten yang dilindungi oleh hak cipta.

Menurut departemen kehakiman AS, KAT yang mendistribusikan film, video game, program televisi, musik dan media elektronik lainnya, diperkirakan menjadi situs peringkat ke 69 dalam daftar situs web yang paling sering dikunjungi di internet. Vaulin dituduh menjalankan situs file sharing yang paling banyak dikunjungi saat ini, bertanggung jawab karena melawan hukum dengan mendistribusikan lebih dari 1 miliar dollar AS materi berhak cipta.

Dalam upaya untuk menghindari penegakan hukum, Vaulin diduga menggunakan server yang berlokasi di berbagai negara di seluruh dunia dan memindahkan domainnya karena adanya tuntutan hukum berulang. Penangkapannya di Polandia, bagaimanapun menunjukkan bahwa penjahat cyber dapat kabur, tetapi mereka tidak bisa bersembunyi dari keadilan.

Para pejabat AS akan berusaha untuk mengekstradisi Vaulin untuk menghadapi tuduhan yang diajukan di pengadilan federal Chicago yang memerintahkan penyitaan satu rekening bank dan tujuh nama domain yang terkait dengan situs file sharing. Tuduhan tersebut juga mengungkapkan bahwa pihak berwenang mampu melacak dan mengidentifikasi Vaulin dari catatan yang diberikan oleh Apple. Inc pada akun iCloud-nya.

Menurut pengaduan, KAT beroperasi dalam 28 bahasa dan membuat film yang tersedia untuk dibagi selagi masih di bioskop bersama dengan konten lainnya mendapatkan penghasilan dari iklan di seluruh situsnya. Nilai situsnya diperkirakan lebih dari 54 juta dollar AS dengan pendapatan iklan tahunan di kisaran 12,5 juta dollar AS hingga 22,3 juta dollar AS. KAT telah memindahkan domainnya beberapa kali setelah diblokir di Inggris, Irlandia, Italia, Denmark, Belgia dan Malaysia dan mengandalkan pada jaringan server komputer yang terletak di seluruh dunia, termasuk di Chicago.

Sumber: The Guardian