Emoji Baru untuk Kesetaraan Gender

emoji_140198

Pengguna Emoji akan segera dapat memilih versi perempuan dari profesi polisi, dokter dan atlet setelah kritikus mengatakan bahwa emoji populer melakukan diskriminasi terhadap perempuan dengan menunjukkan sebagian besar laki-laki dalam peran profesional. Konsorsium Unicode, badan yang memutuskan standar global untuk emoji, mengatakan 33 karakter yang ada akan diubah untuk memungkinkan pengguna smartphone untuk memilih antara opsi laki-laki dan perempuan.

Selain itu, satu set emoji baru yang terdiri dari 11 emoji yang menunjukkan orang-orang di tempat kerja, termasuk koki, petani dan pemrogram komputer akan menampilkan versi laki-laki dan perempuan, serta dalam beberapa warna kulit yang berbeda. Emoji baru lainnya menunjukkan laki-laki dan perempuan dalam peran profesional termasuk pekerja pabrik, mekanik, pekerja kantor, ilmuwan, penyanyi dan guru.

Sebelumnya, ponsel telah menampilkan emoji seperti atlet angkat besi dan mata-mata sebagai karakter laki-laki, sementara pemotong rambut dan tipping diwakili oleh karakter perempuan. Pembaruan ke perangkat lunak iPhone dan Android di masa depan akan memungkinkan pengguna bisa untuk memilih di antara jenis gender, baik laki-laki maupun perempuan.

Google merupakan pihak yang telah memimpin kampanye untuk mendorong lebih banyak emoji untuk menunjukkan perempuan di tempat kerja tersebut. Google mengatakan lebih dari 90 persen populasi online menggunakan emoji. Meskipun sudah ada sejumlah besar emoji, namun emoji tersebut tidak banyak yang menyoroti keragaman karir perempuan atau memberdayakan perempuan muda. Google berharap update ini bisa membantu emoji lebih representatif bagi jutaan orang yang menggunakannya di seluruh dunia.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: hitc-s.com