Hampi 6 Juta Penipuan dan Kejahatan Cyber Terjadi di Inggris

fraud-640x360

Office for National Statistics (ONS), Inggris melaporkan bahwa telah terjadi hampir enam juta penipuan dan kejahatan cyber tahun lalu di Inggris dan Wales. Diperkirakan ada dua juta pelanggaran penyalahgunaan komputer dan 3,8 juta penipuan dalam 12 bulan yang berakhir pada bulan Maret  yang lalu. Hal ini menunjukkan bahwa penipuan adalah jenis yang paling umum dari kejahatan yang dilakukan. Ini adalah pertama kalinya penipuan dimasukkan ke dalam Survey Kejahatan resmi untuk Inggris dan Wales.

Angka-angka lain dari laporan ONS memperkirakan bahwa total 6,3 juta kejahatan yang dilakukan terhadap orang dewasa hingga Maret 2016 yang merupakan penurunan sebesar 6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Survei Kejahatan di Inggris dan Wales meminta masyarakat tentang kejahatan yang mereka alami dan termasuk pelanggaran yang tidak dilaporkan ke polisi.

John Flatley dari ONS mengatakan bahwa jenis yang paling umum dari penipuan yang dialami adalah perbankan dan penipuan rekening kredit dengan 2,5 juta insiden, diikuti oleh penipuan noninvestasi seperti penipuan terkait dengan belanja online.

Bertahun-tahun penipuan dianggap sebagai kejahatan tanpa korban terutama karena hanya berdampak kepada bisnis dan bank. Penipuan juga bukan bagian dari survei kejahatan resmi dan tidak terlihat menjadi prioritas polisi dan politisi. Namun meluasnya penggunaan komputer, laptop dan ponsel pintar untuk memfasilitasi penipuan telah mengubah semua itu dan akhirnya survei menanggapinya dengan temuan yang mengejutkan, yaitu masyarakat lebih cenderung menjadi korban penipuan daripada jenis lain dari kejahatan dengan satu dari 10 orang dewasa ditipu dalam 12 bulan terakhir.

Tidak seperti jenis kejahatan lainnya, seperti perampokan, orang di wilayah pedesaan lebih rentan terhadap penipuan dari penduduk kota. Orang dewasa setengah baya lebih mungkin menjadi korban dibandingkan dengan orang di kelompok usia lainnya dan orang yang bekerja di bidang manajerial serta profesional berisiko lebih besar dari pekerja manual, mahasiswa dan pengangguran.

Pada bulan Oktober tahun lalu, ONS memperkirakan ada lebih lima juta insiden penipuan di Inggris dan Wales dalam satu tahun, tetapi angka-angka ini didasarkan pada uji coba lapangan skala besar yang dilakukan antara bulan Mei dan Agustus 2015.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Guardian NG