Instagram Berikan Fitur Memblok Troll bagi Selebriti

 

instagram

Troll merupakan masalah di internet terutama di media sosial seperti Twitter, Facebook atau Instagram. Beberapa hari yang lalu, Twitter secara resmi melarang salah satu troll paling menyebalkan dan merusak di Twitter sehingga menyebabkan Leslie Jones menutup akunnya di Twitter.

Tidak mau bernasib sama dengan Twitter yang dipenuhi oleh troll, hate speech dan kata-kata umpatan, Instagram menyediakan fitur baru khusus bagi selebriti yang memungkinkan mereka memblok troll. Langkah ini merupakan pertahanan baru terhadap pasukan pengganggu online yang telah memaksa beberapa pengguna berprofil tinggi keluar dari Twitter yang tentu saja Instagram tidak mau mengalami hal yang sama.

Contoh nyata adalah Taylor Swift yang dibanjiri dengan komentar kasar di tengah sengketa publik dengan Kim Kardashian serta dilaporkan bermusuhan dengan mantan pacarnya Calvin Harris dan penyanyi Katy Perry. Swift yang memiliki lebih dari 86 juta pengikut di Instagram, dicap sebagai ular dan dibombardir dengan komentar yang menampilkan emoji ular hijau.

Instagram memungkinkan pengguna untuk menghapus komentar pada foto mereka sendiri dan melaporkannya ke moderator, namun tentu selebriti tidak bisa berurusan dengan ribuan komentar yang mereka terima. Untuk itu Instagram menyediakan fitur khusus bagi selebriti yang bisa mencegah penyalahgunaan dan secara otomatis memblokir komentar yang menampilkan frase yang sebelumnya telah dilaporkan.

Hal ini berarti bahwa jika seorang selebriti yang telah melaporkan sejumlah komentar pada halamannya yang menampilkan emoji ular, upaya lebih lanjut untuk membombardir akun Instagram-nya dengan emoji yang sama akan diblokir sebelum mereka dapat diposting. Fitur ini mirip dengan yang digunakan selama beberapa waktu oleh Facebook di tengah kekhawatiran tentang cyber troll.

Sumber: The Telegraph