Paten Baru Bisa Bantu Deteksi Konten Bajakan

Piracy

Konten bajakan merisaukan banyak kreator. Mereka yang sudah bersusah payah menghasilkan konten bagus, nyatanya konten tersebut dibajak, bahkan sebelum konten tersebut bisa digunakan oleh pengguna. Hal yang lebih merisaukan adalah bahwa meskipun terdapat usaha untuk memerangi konten bajakan, namun kenyataannya konten bajakan tidak menunjukkan penurunan jumlah, bahkan kemungkinan besar konten bajakan terus bertambah jumlahnya.

Lalu bagaimana upaya selanjutnya dalam memerangi konten bajakan tersebut?

NBC Universal memiliki cara unik, yaitu mematenkan teknologi yang bisa mendeteksi konten bajakan di internet. NBC Universal telah mematenkan teknologi baru yang dapat mendeteksi file sharing dalam volume besar, termasuk yang menggunakan BitTorrent. Sistem ini dibentuk untuk mendeteksi file bajakan populer dan mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk tujuan antipembajakan, intelijen bisnis, dan untuk membantu ISP meredakan ketegangan pada jaringan mereka.

Paten dengan judul Early Detection of High Volume Peer-To-Peer swarms memiliki tujuan utama untuk mendeteksi dan menargetkan kasus pembajakan online sebelum masalahnya terlanjur menyebar. Paten tersebut menjelaskan P2P (peer to peer) secara umum sebagai sesuatu yang dapat menjadi positif, tetapi sering disalahgunakan.

Meskipun infrastruktur P2P memiliki banyak keuntungan, juga telah menyebabkan pelanggaran. Pembajakan aset digital pada jaringan peer to peer menimbulkan kerugian pemilik konten yang diperkirakan miliaran dolar AS per tahun. Volume tinggi lalu lintas data yang dihasilkan oleh para pembajak di BitTorrent juga menimbulkan masalah bagi ISP. Para pembajak cenderung sering membuat jaringan padat sehingga bisa menjadi mahal dalam hal sumber daya.

Untuk mengatasi masalah ini NBC Universal mengusulkan untuk memantau kawanan file sharing. Setelah kawanan tersebut melebihi ambang batas dari sejumlah pengguna, alarm akan berbunyi sehingga tindakan yang tepat dapat diambil. Hal yang paling kontroversial dari paten ini adalah saran untuk menggunakan data kawanan file sharing tersebut untuk membatasi atau memblokir lalu lintas file sharing. Menurut paten tersebut hal ini mungkin berguna untuk ISP untuk menghemat biaya.

Sumber: Torrent Freak