Pedofil Targetkan Anak-anak di Instagram

US-IT-FACEBOOK-INSTAGRAM-FEED

Jutaan foto diupload ke Instagram setiap hari. Dari sekian banyak foto tersebut tentu sangat banyak foto anak-anak, baik yang diupload oleh anak-anak maupun oleh orang tua mereka yang kurang memperhitungkan risiko. Foto ini bisa menjadi daya tarik bagi para predator seksual anak-anak atau pedofil.

Beberapa hari yang lalu, orang tua siswa di Teesside, Cleveland telah didesak untuk tidak membiarkan anak-anak mereka beraktivitas di media sosial setelah adanya kabar pedofil menargetkan anak-anak dengan permintaan teman di Instagram. Beberapa murid sekolah dasar di Teesside telah dikirimi pesan tak senonoh melalui situs berbagi foto tersebut. West Park Primary School, di Hartlepool, mengeluarkan peringatan setelah laporan aktivitas mencurigakan di Instagram.

Sebuah pesan teks telah dikirimkan ke orang tua oleh Lynnfield Primary School untuk mengingatkan mereka terhadap insiden tersebut. Pesan teks tersebut menyebutkan bahwa sekolah telah diberitahu bahwa komplotan pedofil telah mengirim permintaan pertemanan kepada anak-anak di daerah tersebut melalui Instagram. Kepolisian  Cleveland kini tengah menyelidiki insiden tersebut.

Mandy Hall, kepala sekolah dari West Park Primary School, mengatakan bahwa orang tua diminta untuk memberikan perhatian karena adanya aktivitas yang mencurigakan dan menargetkan anak-anak di Instagram. Menurutnya, keamanan anak-anak adalah prioritas utama bagi sekolah sehingga sekolah mengambil keputusan untuk membuat semua orang tua menyadari hal tersebut melalui pesan teks.

Seorang juru bicara kepolisian Cleveland mengonfirmasi bahwa kepolisian telah menerima laporan mengenai pesan tak senonoh yang dikirim ke anak-anak melalui situs media sosial Instagram. Terkait dengan keamanan online di media sosial, polisi menyarankan orang tua untuk memeriksa pengaturan keamanan pada setiap perangkat dan aplikasi media sosial di mana anak-anak mendaftar seperti Instagram.

Sumber: The Mirror