7 Cara Melakukan Digital Detox di Akhir Pekan

Texting-using-cellphone-smartphone-jpg

Ketika akhir pekan datang, banyak orang yang tidak bisa santai karena mereka tetap terhubung ke internet. Berbagai kegiatan dan mungkin janji untuk minggu berikutnya mungkin muncul di akhir pekan sehingga niat untuk dapat beristirahat sejenak tidak berhasil dilakukan. Apalagi sebenarnya, justru pengguna yang terlalu candu untuk terus terhubung sehingga akhir pekan bukan menjadi waktu untuk beristirahat, malah sibuk dengan gadget. Untuk itu Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar Anda bisa mengurangi ketergantungan Anda atau melakukan digital detox.

  1. Ganti Alarm Ponsel dengan Alarm Jam

Manusia sudah terbiasa menjadikan alarm di ponsel untuk membangunkan mereka di pagi hari. Agar digital detox Anda di akhir pekan berhasil, gantilah alarm ponsel tersebut dengan alarm jam weeker. Jika Anda  masih menggunakan alarm ponsel, besar kemungkinan digital detox gagal karena ponsel merupakan hal pertama yang diambil orang ketika bangun pagi. Dengan menggantinya dengan jam weeker Anda terbebas dari mengambil ponsel.

2. Isi Ponsel Jauh di Luar Kamar

Jangan membawa ponsel Anda ke tempat tidur. Biasakanlah untuk memgisi atau menaruh ponsel di luar kamar tidur agar Anda tidak terbiasa untuk mengambilnya di pagi hari ketika bangun. Dengan mengisi ponsel jauh dari kamar tidur, Anda terhindar dari keinginan untuk selalu melihat apa yang ada di ponsel tersebut.

3. Kontrol Aplikasi

Notifikasi aplikasi yang ada di ponsel sering menganggu, apalagi jika Anda ingin terputus sementara dari dunia digital di akhir pekan. Untuk itu, Anda perlu mengatur notifikasi. Kalau perlu cukup hanya beberapa notifikasi aplikasi penting saja agar Anda benar-benar bisa mengurangi obsesi terhubung di akhir pekan.

4. Matikan email dan Media Sosial

Sering email justru hadir di akhir pekan. Demikian juga, banyak sekali keinginan untuk bermain media sosial di akhir pekan. Hal ini tentu akan sangat menganggu. Untuk itu, jangan gunakan email dan media sosial di akhir pekan. Caranya adalah matikan notifikasi kedua aplikasi ini.

5. Gunakan Fungsi Panggilan

Chatting memakan banyak waktu, namun banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Untuk menghindari terbuangnya waktu Anda karena chatting atau mengirim pesan, lakunkanlah panggilan.

6. Buatlah Akses yang Sulit untuk Bisa Terhubung

Kemudahan menggunakan ponsel atau aplikasi membuat pengguna terlena. Ponsel yang mudah dibuka tidak baik untuk digital detox. Untuk itu, buatlah sebuah cara hingga menggunakan ponsel menjadi hal yang sulit. Misalnya dengan melakukan logout di layanan Google, membuat two step verification dan cara lainnya. Oleh karena sulitnya untuk menggunakan ponsel dan aplikasi di dalamnya, Anda mungkin memilih untuk tidak menggunakannya sama sekali.

7. Gantilah Smartphone

Smartphone menawarkan banyak hal yang bisa membuat orang selalu bergantung kepadanya. Untuk itu, gantilah ponsel Anda di akhir minggu dengan dumb phone, yaitu ponsel yang hanya bisa melakukan panggilan dan SMS. Ini adalah cara bagus agar Anda tidak terganggu di akhir pekan.

Selamat Mencoba!