98 Hal yang Diketahui Facebook tentang Penggunanya (Bagian II)

cbsn0210facebook-auto-tag-smart342818640x360

Selain dari empat cara yang telah disebutkan sebelumnya, Facebook menawarkan pemasar opsi untuk menargetkan iklan menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan seperti Experian, Acxiom dan Epsilon, yang memiliki data historis yang dikumpulkan dari upaya offline. Perusahaan-perusahaan tersebut membangun diri mereka selama beberapa periode dari mengumpulkan data dari pemerintah dan masyarakat, kontes konsumen, jaminan dan survei, dan sumber-sumber komersial swasta, seperti catatan pembelian kartu loyalitas atau daftar langganan majalah. Apa pun yang mereka kumpulkan dari upaya-upayah tersebut juga dapat dimasukkan ke dalam model untuk menarik kesimpulan lebih lanjut, seperti apakah pengguna cenderung menjadi investor atau membeli bahan organik untuk anak-anak.

Ketika dikombinasikan dengan informasi yang telah diberikan Facebook, melalui profil dan klik pengguna, terjadilah  apa yang disebut sebagai profil konsumen paling lengkap di bumi, profil tersebut tidak  hanya dari aktivitas di Facebook, tetapi perilaku pengguna di tempat lain di online (dan offline).

Dengan menyusun semua informasi tersebut, Facebook  bisa membuat kesimpulan tentang apakah pengguna akan segera menjadi orang tua, menikah, kerja di luar negeri, atau berniat untuk membeli kendaraan. Kemudian Facebook menjual pengguna sebagai target bagi pengiklan. Asumsi Facebook terhadap pengguna ini tentu saja  tidak selalu benar, tetapi hal tersebut tidak masalah. Facebook membangun kerajaan bisnis senilai 355 miliar dollar AS hampir sepenuhnya pada informasi yang diberikan oleh pengguna tersebut.

Berikut ini informasi yang dikumpulkan oleh Facebook dari penggunanya.

  1. Lokasi
  2. Usia
  3. Generasi
  4. Jenis kelamin
  5. Bahasa
  6. Tingkat Pendidikan
  7. Bidang studi
  8. Sekolah
  9. Etnis
  10. Pendapatan dan kekayaan bersih
  11. Kepemilikan dan jenis rumah
  12. Nilai rumah
  13. Ukuran properti
  14. Ukuran luas rumah
  15. Tahun rumah dibangun
  16. Komposisi rumah tangga
  17. Pengguna yang akan ulang dalam waktu 30 hari ke depan
  18. Pengguna yang berada jauh dari keluarga atau kampung halaman
  19. Pengguna yang berteman dengan seseorang yang telah ulang tahun, baru saja menikah atau bertunangan, baru saja pindah, atau memiliki ulang tahun yang akan datang
  20. Pengguna yang berada dalam hubungan jarak jauh
  21. Pengguna yang berada dalam hubungan baru
  22. Pengguna yang memiliki pekerjaan baru
  23. Pengguna yang baru bertunangan
  24. Pengguna yang baru menikah
  25. Pengguna yang baru-baru ini pindah (tempat)
  26. Pengguna yang segera akan berulang tahun
  27. Orangtua
  28. calon orang tua
  29. Ibu, dibagi dalam beberapa tipe
  30. Pengguna yang kemungkinan terlibat dalam politik
  31. Konservatif dan liberal
  32. Status hubungan
  33. Majikan
  34. Industri
  35. Jabatan
  36. Jenis kantor
  37. Minat
  38. Pengguna yang memiliki sepeda motor
  39. Pengguna yang berencana untuk membeli mobil (dan jenis/merek mobil, dan seberapa cepat)
  40. Pengguna yang membeli onderdil atau aksesoris baru
  41. Pengguna yang mungkin membutuhkan suku cadang mobil atau jasa suku cadang mobil
  42. Gaya dan merek mobil yang dikendarai
  43. Tahun mobil dibeli
  44. Usia mobil
  45. Banyaknya uang yang mungkin dibelanjakan pengguna untuk membeli mobil berikutnya
  46. Di mana pengguna cenderung membeli mobil berikutnya
  47. Berapa banyak karyawan perusahaan yang dimiliki pengguna
  48. Pengguna yang memiliki usaha kecil
  49. Pengguna yang bekerja di manajemen atau eksekutif
  50. Pengguna yang menyumbang untuk amal (dibagi berdasarkan jenis)
  51. Sistem operasi
  52. Pengguna yang bermain game canvas
  53. Pengguna yang memiliki konsol game
  54. Pengguna yang telah membuat event di Facebook
  55. Pengguna yang telah menggunakan Facebook Payment
  56. Pengguna yang telah berbelanja di atas rata-rata dengan Facebook Payment
  57. Pengguna yang mengelola halaman Facebook
  58. Pengguna yang baru saja upload foto ke Facebook
  59. Internet browser
  60. Layanan email
  61. Pengadopsi awal/akhir teknologi
  62. Ekspatriat (dibagi menurut asal negara)
  63. Pengguna yang miliki kredit, perbankan nasional atau bank daerah
  64. Pengguna yang menjadi investor (dibagi berdasarkan jenis investasi)
  65. Jumlah batas kredit
  66. Pengguna yang merupakan pengguna kartu kredit aktif
  67. Tipe kartu kredit
  68. Pengguna yang memiliki kartu debit
  69. Pengguna yang memperhitungkan keseimbangan pada kartu kredit mereka
  70. Pengguna yang mendengarkan radio
  71. Preferensi dalam acara TV
  72. Pengguna yang menggunakan perangkat mobile (dibagi dengan merek apa yang mereka gunakan)
  73. Jenis koneksi internet
  74. Pengguna yang baru saja memperoleh smartphone atau tablet
  75. Pengguna yang mengakses internet melalui smartphone atau tablet
  76. Pengguna yang menggunakan kupon
  77. Jenis pakaian yang dibeli rumah pengguna
  78. Tahun di mana rumah tangga melakukan pembelian terbanyak
  79. Pengguna yang banyak membeli bir, anggur atau spirit
  80. Pengguna yang membeli bahan makanan (dan apa jenis makanan tersebut)
  81. Pengguna yang membeli produk kecantikan
  82. Pengguna yang membeli obat alergi, batuk/obat flu, produk penghilang rasa sakit, dan obat-obatan tanpa resep lainnya
  83. Pengguna yang membelanjakan uang untuk produk rumah tangga
  84. Pengguna yang membelanjakan uang untuk produk anak-anak atau hewan peliharaan, dan apa jenis hewan peliharaan tersebut
  85. Pengguna rumah tangga yang melakukan pembelian di atas ratas-rata
  86. Pengguna yang cenderung berbelanja online (atau offline)
  87. Jenis restoran tempat makan pengguna
  88. Jenis toko tempat pengguna berbelanja
  89. Pengguna yang mau menerima tawaran dari perusahaan yang menawarkan asuransi mobil online, pendidikan tinggi atau hipotek, dan kartu debit TV prabayar/satelit
  90. Lamanya waktu pengguna menempati rumah
  91. Pengguna yang mungkin segera pindah
  92. Pengguna yang tertarik terhadapOlimpiade, sepak bola, kriket atau Ramadan
  93. Pengguna yang sering bepergian, untuk bekerja atau kesenangan
  94. Pengguna yang pergi-pulang untuk bekerja
  95. Jenis Liburan yang cenderung dipilih pengguna
  96. Pengguna yang baru saja kembali dari perjalanan
  97. Pengguna yang baru-baru ini menggunakan aplikasi perjalanan
  98. Pengguna yang berpartisipasi dalam timeshare

Sumber: The Washington Post