Anak Tidur Terlambat Berpotensi Gemuk Saat Remaja

rzr think

Apakah Anda memiliki anak prasekolah? Apakah ia sering tidur larut, misalnya setelah pukul 8 malam?

Perkembangan perangkat mobile seperti tablet dan smartphone membuat anak prasekolah ikut mengonsumsi perangkat tersebut meskipun sebenarnya belum saatnya. Sebagian orang tua beralasan memberikan perangkat mobile agar anak prasekolah tersebut turut mengetahui teknologi. Namun sebenarnya perangkat tersebut membuat anak tidur terlambat sehingga nanti setelah remaja mereka menjadi gemuk.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian terbaru. Penelitian dari Ohio State University mengatakan bahwa anak pra sekolah harus mendengarkan orang tua dan tidur lebih awal untuk menghindari obesitas ketika usia mereka bertambah.

Sarah Anderson, dokter yang berada di belakang penelitian dan rekannya melihat data untuk prasekolah dari Study of Early Child Care and Youth Development. Dari 977 anak muda yang mereka analisis, seperempatnya tidur sebelum pukul 20:00, setengahnya antara pukul 20:00 dan 21:00 dan seperempat lainnya setelah pukul 21:00. Waktu tidur ini kemudian dibandingkan dengan berat dan tinggi badan anak-anak yang sama tinggi ketika mereka mencapai 15 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlambat pergi ke tempat tidur ketika mereka berada di usia prasekolah, semakin besar kemungkinan mereka untuk menjadi gemuk di waktu remaja. Jumlah anak-anak obesitas untuk tiga kelompok di atas adalah 10%, 16%, dan 23%. Ini artinya makin terlambat tidur, makin besar kemungkinan untuk gemuk saat remaja.

Pertanyaannya adalah mengapa tidur terlambat terkait dengan anak-anak yang gemuk? Menurut Anderson karena semua terkait dengan tidur. Banyak penelitian telah mendokumentasikan hubungan durasi tidur pendek dan obesitas. Waktu tidur lebih mudah untuk mengontrol daripada saat bangun. Dengan tidur lebih awal, anak-anak memiliki kesempatan terbaik untuk mendapatkan tidur yang cukup, bahkan jika mereka bangun pagi.

Mengontrol obesitas dini adalah kunci untuk mencegahnya di kemudian hari. Menurut Anderson, penting untuk memulai tidur awal dan teratur karena tidur yang cukup merupakan salah satu cara untuk membantu anak-anak menghindari kelebihan berat badan. Jadi sebaiknya orang tua mengontrol penggunaan perangkat anak mereka agar tidak menganggu jadwal tidur.

Sumber: Fast Company