Pensiunan Diganjar 90 Ribu Pound karena Postingan di Facebook

421385-facebook

Hati-hati menuliskan sesuatu di Facebook dan internet umumnya merupakan hal yang perlu dilakukan setiap pengguna jika tidak ingin bermasalah di kemudian hari. Setidaknya apa yang dialami oleh David Scott bisa menjadi pelajaran berharga karena ia harus membayar 90 ribu pound sebab memposting sesuatu yang tidak berdasar di Facebook yang membuat orang yang diserangnya dengan postingan tersebut harus menginap di rumah sakit dan pindah rumah.

Pengadilan di New South Wales yang mengurus perkara tersebut telah memberikan keputusan bahwa Kenneth Rothe seorang pensiunan berusia 74 tahun diganjar uang senilai 90 ribu pound karena kerusakan yang dialaminya setelah klaim fitnah yang dibuat dalam postingan Facebook menuntunnya untuk menjadi korban serangan. Kenneth Rothe terpaksa pindah dari rumahnya di kota pesisir Nambucca setelah tuduhan tak berdasar diposting di Facebook mengklaim bahwa pedofil secara teratur tinggal di dua motel yang dimilikinya.

Pada Maret 2014 listrik David Scott menulis: “Pedophile [sic] warning:- Nambucca has been used as a relocation for these monsters – blue dolphin –nirvana hotel and above the Indian restaurant! …Bus stops are right out front of theses hotels for our children?”

Rothe adalah pemilik motel Village Nirvana dan Blue Dolphin Motels di mana kadang-kadang ia menawarkan akomodasi darurat bagi orang-orang yang terlibat dalam sengketa keluarga, namun tidak pernah ada pedofil atau mantan narapidana. Rothe memohon Scott untuk menarik kembali postingan di Facebook tersebut dan mulai menerima panggilan telepon anonim setelah tuduhan menyebar secara online dan hidupnya terancam. Sebuah serangan membuatnya harus dirawat di rumah sakit selama enam bulan dan ia beserta keluarganya pindah dari Nambucca.

Hakim Pengadilan Distrik New South Wales Judith Gibson mengatakan bahwa serangan di Facebook tersebut membuat Rothe menderita. Hal tersebut memiliki dampak buruk terhadap dirinya. Akan adil untuk mengatakan bahwa publikasi materi yang dikeluhkan telah menghancurkan kesejahteraan Rothe serta ketenangan pikirannya. Oleh karena itu, David Scott diperintahkan untuk membayar sebesar 150 ribu dollar Australia atau 90 ribu pound atas kerusakan yang ditimbulkan oleh postingannya di Facebook.

Tentu Anda tidak ingin membayar atas postingan yang Anda lakukan di Facebook, bukan?

Sumber: The Telegraph