Studi: Pemilik Kucing Lajang, Pemilik Anjing Banyak Teman

Scottish Straight kittens look on during a cat exhibition in Bishkek on March 23, 2013. Cat lovers from Kyrgyzstan, Kazakhstan and Uzbekistan took part in the exhibition. AFP PHOTO/VYACHESLAV OSELEDKO (Photo credit should read VYACHESLAV OSELEDKO/AFP/Getty Images)

Layaknya di media sosial lain seperti Twitter, sangat banyak pengguna yang memiliki kucing atau anjing dan cukup rajin memposting segala sesuatu tentang hewan peliharaan mereka tersebut. Nah penelitian terakhir di Facebook menunjukkan beberapa fakta menarik tentang mereka yang memiliki atau pecinta kucing dan anjing tersebut.

Para peneliti di jaringan sosial Facebook yang meneliti 160.000 profil di Amerika Serikat menemukan bahwa 30 persen dari mereka yang berbagi foto kucing adalah lajang, sementara hanya 24 yang memposting foto anjing yang lajang. Mereka yang memelihara anjing, layaknya peliharaan mereka tersebut percaya diri secara sosial. Rata-rata, pengguna yang memiliki foto anjing atau dog lovers di halaman Facebook memiliki 26 teman lebih banyak daripada mereka yang memilik foto kucing atau pecinta kucing. Pemilik kucing cenderung melakukan posting update status kurang bagus seperti lelah, sementara pemilik anjing yang aktif memposting hampir 25 persen lebih banyak update yang bergairah (senang).

Penelitian ini menyoroti setidaknya beberapa keuntungan bagi pemilik kucing. Pertama bahwa kualitas persahabatan pecinta kucing tampak lebih tinggi, meskipun memiliki sedikit teman dibandingkan dengan pecinta anjing, mereka lebih banyak diundang ke acara di Facebook. Kedua, pemilik kucing lebih mungkin untuk tinggal di kota besar, dan secara tidak proporsional menikmati aktivitas dalam ruangan seperti menonton film, TV dan membaca buku.

Dalam hal selera, pecinta kucing dan anjing memiliki perbedaan mencolok. Pecinta kucing sangat menikmati sci-fi, Dracula, anime, Doctor Who dan Terminator 2 yang merupakan beberapa judul yang menjadi favorit mereka. Pecinta anjing lebih suka yang menyentuh perasan atau sesuatu yang romantis seperti The Notebook atau The Voice. Buku yang difavoritkan pecinta anjing adalah Marley & Me, buku terlaris yang menyentuh hati dan menceritakan kehidupan hewan peliharaan dan pemiliknya.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: Getty Images via cbslocal.com