Trending Topic Facebook Berantakan karena Algoritma

Girl using Facebook

Hanya beberapa bulan setelah temuan bahwa Facebook Trending  telah dikurasi dan di-tweak oleh manusia, Facebook berbenah dengan mengeliminasi semua editor dan membiarkan algoritma untuk melakukan tugasnya. Artinya penentuan topik di trending topic itu kini sepenuhnya diserahkan kepada algoritma komputer yang diciptakan oleh Facebook. Hasilnya, sejauh ini adalah bencana.

Facebook mengumumkan bahwa mereka telah menghapus pekerjaan (manusia) dalam modul Facebook trending yang merupakan bagian dari divisi berita di mana staf mengurasi berita populer bagi pengguna Facebook. Selama akhir pekan yang lalu Facebook trending yang secara penuh dikerjakan oleh algoritma secara otomatis menampilkan cerita palsu tentang pembawa acara Fox News Megyn Kelly dan berbagai berita lainnya yang diragukan kepopulerannya.

Dalam postingan blog, Facebook mengatakan keputusan untuk mengeliminasi manusia dari Trending Topic akan memungkinkannya untuk beroperasi pada skala yang lebih besar. Tujuan Facebook adalah untuk memungkinkan Trending bagi sebanyak mungkin orang, yang akan sulit dilakukan jika hanya mengandalkan manusia. Proses yang lebih mengandalkan algoritma memungkinkan Facebook untuk meningkatkan skala Trending Topic untuk membuat yang lebih banyak topik tersedia untuk lebih banyak orang di seluruh dunia dari waktu ke waktu.

Sebuah sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan bahwa tim trending topic dipecat tanpa pemberitahuan dalam pertemuan yang dihadiri oleh penjaga keamanan. Namun keputusan memecat tim trending topic tersebut mendatangkan bencana tersendiri kepada Facebook karena algoritma yang digunakan untuk menampilkan trending topik kini tidak lagi dikawal oleh manusia sehingga menerbitkan cerita palsu.

Sumber: The Guardian