Label Rekaman Besar Gugat Situs Ripping YouTube

ngklmyzdreev2sfsf0jx

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kini ada trend pembajakan baru, yaitu mengonversi video musik yang ada di YouTube menjadi MP3 secara gratis yang kemudian dapat didownload. Hal ini tentu meresahkan label musik besar sehingga mereka mengambil tindakan cepat dengan cara menggugat salah satu situs yang melakukan ripping tersebut.

Universal, Sony, Warner Bros dan label lainnya meluncurkan gugatan hukum terhadap operator situs Jerman YouTube-mp3.org di pengadilan federal di Los Angeles. Label musik tersebut menghendaki penggantian atas kerusakan yang ditimbulkan oleh perusahaan dan pemiliknya sebanyak 150.000 dollar AS untuk setiap tuduhan pembajakan. Namun tergugat sejauh ini belum menanggapi tuntutan hukum tersebut.

Menurut dokumen hukum, pengguna dapat menjadikan video YouTube menjadi file audio permanen dan menyimpannya di komputer mereka dengan beberapa klik mouse yang mudah. Label rekaman mengklaim puluhan atau bahkan ratusan, dari jutaan lagu disalin secara ilegal dan didistribusikan oleh layanan stream-ripping setiap bulan dan YouTube-mp3.org adalah pemimpin dalam stream ripping ini karena memiliki  lebih dari 60 juta pengguna per bulan.

Sebagai bagian dari bukti, label rekaman menunjukkan judul lebih dari 300 lagu yang mereka nyatakan telah diubah dan didownload oleh pengguna layanan YouTube-mp3.org. Lagu-lagu tersebut termasuk All About It Bass dari Meghan Trainor, Story Of My Life dari One Direction dan Sia dari Chandelier. Menurut label rekaman stream ripping telah menjadi ancaman besar bagi industri musik karena bisa menjadi substitusi pembelian yang sah untuk musik rekaman dan pembelian langganan untuk layanan music streaming.

Selain menuntut ganti rugi, industri musik meminta perintah pengadilan yang melarang web host, pengiklan dan pihak ketiga lainnya memfasilitasi akses ke youtube-mp3.org. Cary Sherman, presiden Recording Industry Association of America mengatakan bahwa situs youtube-mp3.org meraup jutaan (dollar) tanpa sepengetahuan artis, penulis lagu dan label.

Sumber: BBC