Penelitian: Yang Selfie Yang Bahagia

469977168

Pernah merasakan betapa senangnya Anda terhadap diri sendiri setelah mengambil beberapa foto selfie? Anda bukan satu-satunya yang mengalami hal ini. Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam Psychology of Well-Being mengambil foto selfie bisa membuat orang merasa percaya diri dan bahagia, asalkan mereka mengambil foto selfie tersebut ketika tersenyum.

Yu Chen yang terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa penelitiannya menunjukkan mempraktikkan latihan yang bisa meningkatkan kebahagiaan melalui mengambil dan membagi foto di smartphone dapat menyebabkan perasaan positif bagi mereka yang terlibat di dalamnya.

Dengan menggunakan teknologi foto smartphone, peneliti di Donald Bren School of Information and Computer Sciences di University of California-Irvine menyuruh 41 mahasiswa untuk mengambil foto selfie selama sebulan. Mahasiswa tersebut dibagi secara acak menjadi tiga kelompok. Satu kelompok diminta untuk mengambil foto selfie harian sambil tersenyum; kelompok kedua mengambil foto dari sesuatu yang membuat mereka bahagia; dan kelompok ketiga mengambil foto dari sesuatu yang mereka pikir akan membuat orang lain bahagia yang kemudian mereka bagi ke orang tersebut.

Peneliti berhasil mengumpulkan 2.897 mood measure yang terbagi ke dalam comfortable, reflective, dan appreciative dan mengukur kondisi emosional mahasiswa dari waktu ke waktu. Mereka menemukan bahwa mahasiswa di semua kelompok mengalami peningkatan perasaan yang baik. Kelompok selfie dilaporkan merasa lebih percaya diri dan nyaman selama penelitian dan mereka yang mengambil foto untuk membuat orang lain bahagia merasa senang yang memperlihatkan hubungan personal bisa mengatasi stress.

Jadi, bila Anda ingin merasa percaya diri dan bahagia, ambillah foto selfie selagi tersenyum!

Sumber: Mother Jones

Sumber Foto: Getty Image