Cara Menghapus Diri Sendiri di Internet

0600-delete-facebook-account

Anda mungkin ingin untuk sementara atau selamanya istirahat dari internet. Banyak alasan untuk melakukan hal ini, misalnya Anda tidak bisa fokus ke kegiatan yang ditekuni, terlalu banyak notifikasi dari email, media sosial dan aplikasi perpesanan dan lainnya. Pertanyaannya adalah bagaimana menghapus diri Anda dari internet?

Jawabannya adalah sebagai berikut.

1. Hapus atau menonaktifkan layanan shopping, media sosial, dan akun internet

Pikirkan di media sosial mana saja Anda memiliki profil. Selain media sosial yang besar, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Instagram, apakah Anda masih memiliki akun publik di situs seperti Tumblr, Google+ atau bahkan MySpace? Di situs belanja mana saja Anda pernah mendaftar? Situs belanja yang umum mungkin termasuk Amazon, Gap.com, Macys.com dan lain-lain. Di Indonesia mungkin saja di Lazada, Blibli, Matahari Mall dan banyak lagi lainnya

Untuk menghapus akun di semua media sosial tersebut hampir sama. Lihatlah pengaturan, lalu pilih untuk menonaktifkan, menghapus atau menutup akun Anda. Perlu diketahui bahwa butuh waktu yang tidak sedikit untuk menghapus semua akun tersebut. Anda harus benar-benar bersabar agar semua akun bisa dihapus satu per satu.

2. Lepaskan diri dari situs pengumpulan data

Ada perusahaan di luar sana yang mengumpulkan informasi Anda. Mereka disebut broker data dan mereka memiliki nama seperti Spokeo, CrunchBase, PeopleFinder, serta banyak orang lainnya. Mereka mengumpulkan data dari semua yang Anda lakukan secara online dan kemudian menjual data ke pihak yang berkepentingan, terutama untuk iklan dan menjual lebih banyak barang.

Namun sayangnya sangat repot untuk menghubungi satu per satu perusahaan pengumpul data ini. Untungnya ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya, yaitu dengan menggunakan layanan seperti DeleteMe di Abine.com. Dengan biaya sekitar 130 dollar AS untuk keanggotaan satu tahun, layanan ini akan melompati semua rintangan untuk Anda. Bahkan akan memeriksa kembali setiap beberapa bulan untuk memastikan nama Anda tidak dimasukkan kembali ke situs-situs tersebut.

3. Hapus info langsung dari website

Pertama, cek operator telepon atau penyedia layanan seluller untuk memastikan bahwa Anda tidak terdaftar secara online dan meminta mereka untuk menghapus nama Anda jika ada. Jika Anda ingin menghapus posting forum atau blog lama yang memalukan Anda, Anda harus menghubungi webmaster dari situs tersebut secara individual. Anda dapat melihat bagian About Us atau Kontak dari situs untuk menemukan orang yang tepat untuk dihubungi atau buka www.whois.com dan mencari nama domain yang ingin Anda hubungi.

Sayangnya, operator situs pribadi tidak berkewajiban untuk menghapus posting Anda. Jadi, ketika menghubungi situs tersebut bersikaplah yang sopan dan nyatakan dengan jelas mengapa Anda ingin posting tersebut dihapus. Mudah-mudahan mereka benar-benar akan menindaklanjuti dan menghapusnya.

4. Hapus hasil pencarian mesin pencari

Hasil mesin pencari termasuk situs seperti Bing, Yahoo dan Google. Bahkan Google memiliki alat penghapusan URL yang dapat membantu Anda menghapus URL tertentu. Misalnya, jika seseorang telah memposting informasi sensitif seperti nomor jaminan sosial atau nomor rekening bank dan webmaster dari situs tempat informasi tersebut diposting tidak menghapusnya, Anda dapat menghubungi perusahaan mesin pencari untuk menghapusnya dari hasil pencarian sehingga sulit untuk ditemukan.

5. Langkah terakhir hapus akun email

Tergantung pada jenis akun email yang Anda miliki, jumlah langkah yang diperlukan untuk menghapus alamat email akan bervariasi. Anda harus masuk ke akun Anda dan kemudian menemukan pilihan untuk menghapus atau menutup akun. Beberapa akun akan tetap terbuka selama waktu tertentu, jadi Anda bisa mengaktifkan kembali akun tersebut.

Perlu diingat, bahwa betapapun Anda ingin hilang dari internet, namun tetap ada informasi tentang Anda yang tertinggal di internet.

Sumber: CNet

Sumber Foto: Lifehacker AU