Hacker Pencuri Foto Selebriti Dihukum 18 Bulan Penjara

rsz_hacker

Masih ingat peristiwa dicurinya foto tanpa busana selebriti pada tahun 2014 yang lalu? Peristiwa tersebut menyeret banyak selebriti dunia termasuk Jennifer Lawrence, Rihanna dan Avril Lavigne. Untungnya hacker yang mencuri foto tersebut ditangkap dan baru-baru ini diputus hukuman 18 bulan penjara oleh pengadilan federal di AS.

Pada bulan Mei yang lalu, Ryan Collins, 36 tahun dari Lancaster, Pennsylvania, mengaku bersalah atas tuduhan peretasan dan juga mengaku menggunakan phishing selama dua tahun untuk mendapatkan password dari lebih dari 100 orang, termasuk aktris Jennifer Lawrence dan Aubrey Plaza dan penyanyi Rihanna dan Avril Lavigne.

Collins menipu para selebriti tersebut untuk menyerahkan username dan password mereka dengan mengirimkan email palsu yang seolah-olah berasal dari Apple dan Google. Collins kemudian mencuri informasi pribadi, termasuk foto tanpa busana dari korbannya yang sebagian besar bekerja di industri hiburan. Dalam beberapa kasus Collins akan menggunakan software untuk mendownload seluruh isi backup Apple iCloud korban. Selain itu, Collins menggunakan model scam di mana ia menipu korbannya agar mengirimkan foto tanpa busana mereka kepadanya.

Peneliti menemukan bahwa Collins telah memperoleh akses ke setidaknya 50 akun Apel iCloud dan 72 akun Gmail yang sebagian besar merupakan milik wanita terkenal. Pada Agustus 2014 foto lebih dari 100 aktris, penyanyi dan wanita terkenal lainnya diposting secara online. Beberapa orang mengkritik Apple karena gagal untuk mengamankan informasi pribadi di layanan iCloud-nya. Namun Apple mengatakan bahwa tidak satu pun dari kasus tersebut yang dihasilkan dari pelanggaran di salah satu sistem Apple.

Sumber: The Guardian