Hal Penting yang Perlu Diketahui dari My Activity Page Google

Google-Search-Tips-Internet-Users

Ada ungkapan bahwa Google lebih kenal diri Anda dibandingkan diri Anda sendiri. Ungkapan ini bisa saja benar karena sedemikian banyak layanan Google yang Anda gunakan, seperti Android, Gmail, Drive, Google Maps, atau YouTube dan yang pasti Google Search.

Namun jangan khawatir dulu, selalu ada kabar baik. Google telah memperkenalkan dashboard data baru yang disebut My Activity Page di mana Anda dapat melihat hampir setiap bagian dari data yang dikumpulkan Google tentang Anda dari dua dekade terakhir. Setiap situs yang dikunjungi, setiap gambar yang Anda lihat, serta setiap istilah pencarian yang Anda ketik ke dalam kotak pencarian Google. Halaman ini juga cukup berguna karena Anda tidak hanya melihat apa yang dilacak Google, lebih dari itu Anda juga dapat mengambil langkah-langkah untuk menghapus data dan mencegah pengumpulan di masa depan.

My Activity Page adalah hub di mana Anda dapat melihat semua informasi penting tentang apa yang dikumpulkan Google dari Anda selama bertahun-tahun. Anda dapat menemukan halaman ini dengan pergi ke myactivity.google.com. Pada My Activity Page, Anda akan melihat aktivitas dari berbagai produk Google, termasuk Search, Image Search, Maps, Play, Shopping, YouTube, dan bahkan bantuan saat setiap kali Anda mengunjungi halaman Bantuan Google.

Secara default, My Activity Page ditampilkan sebagai garis waktu dan data dibundel dalam hari. Anda dapat memilih untuk melihat daftar setiap item individual pada timeline dengan mengklik tombol menu (tiga baris) di sudut kiri atas. Selain setiap bundel kegiatan atau item Anda akan melihat tiga titik vertikal. Klik titik-titik ini untuk melihat rincian dari setiap item tertentu atau untuk menghapus item individual.

Google menggunakan data Anda dalam dua cara utama. Pertama untuk meningkatkan pelayanan untuk masyarakat umum (misalnya, menggunakan data lokasi ponsel Anda untuk mendapatkan informasi tentang pola lalu lintas saat ini) dan untuk memberikan pengalaman yang lebih pribadi (seperti pencarian autocomplete).

Anda dapat menghapus apa saja dan segala sesuatu dari halaman My Activity Page. Karena Google tidak menggunakan data Anda untuk menyesuaikan pengalaman Google Anda, Anda mungkin melihat penurunan kegunaan beberapa layanan Google jika Anda menghapus bagian penting dari aktivitas Anda tersebut. Untuk menghapus setiap item temukan item dan klik tiga titik sebelahnya dan kemudian klik Hapus.

Untuk menghapus semua aktivitas Anda dari hari tertentu, minggu lalu, bulan lalu, atau rentang tanggal tertentu, klik tombol menu di pojok kiri atas My Activity Page dan klik Hapus aktivitas. Pada halaman ini, Anda dapat memilih untuk menghapus aktivitas hari ini, kemarin, 7 hari terakhir, 30 hari terakhir, atau dari semua waktu. Anda juga dapat memilih rentang tanggal tertentu.

Sumber: CNet