Remaja Mengecek Ponsel di Malam Hari

475008-smartphone-at-night-file-photo

Apakah anak remaja Anda menggunakan smartphone? Cobalah sesekali amati dari dekat perilaku mereka dalam menggunakan smartphone. Mungkin mereka terbiasa malam hari untuk mengecek smartphone mereka. Di Inggris banyak remaja yang mengecek ponsel mereka di malam hari. Ini tentu saja tidak baik bagi mereka. Jajak pendapat di Inggris menunjukkan hampir setengah (45%) dari remaja memeriksa ponsel mereka setelah mereka pergi ke tempat tidur.

Jajak pendapat tersebut mensurvei sebanyak 2.750 remaja usia 11 hingga 18 tahun. Survei tersebut menemukan 1 dari 10 remaja mengaku memeriksa ponsel mereka untuk notifikasi setidaknya 10 kali setiap malam. Jajak pendapat ini dilakukan oleh Digital Awareness UK dan Headmasters’ and Headmistresses’ Conference.

Organisasi tersebut memperingatkan penggunaan ponsel di malam hari berakibat murid yang datang ke sekolah lelah dan tidak mampu berkonsentrasi. Mereka merekomendasikan detoks digital dan mematikan perangkat mobile seperti smartphone 90 menit sebelum lampu kamar tidur dipadamkan atau menempatkan smartphone di luar kamar tidur.

Dari 45% dari responden survei yang memeriksa ponsel di malam hari ketika seharusnya tidur, hampir semua (94%) berada di media sosial dengan sepersepuluh dari mereka mengatakan bahwa mereka akan merasa stres bila terputus (komunikasi) jika mereka tidak memeriksa perangkat sebelum tidur. Dari kelompok ini, 75% mendengarkan musik dan lebih dari setengah (57%) menonton film.
Sepertiga (32%) dari anak-anak ini mengatakan orang tua mereka tidak menyadari bahwa mereka memeriksa perangkat mobile mereka setelah pergi tidur.

Charlotte Robertson co-founder DAUK , mengatakan bahwa salah satu topik terbesar saat ini adalah konsumsi media sosial yang berlebihan dan bagaimana hal tersebut memengaruhi kesehatan fisik dan emosional. Banyak dari mereka (remaja tersebut) yang bangun di pagi hari mendapati lebih dari 100 notifikasi dari percakapan yang terjadi semalam.

Banyak remaja yang sengaja tidak tidur atau tidur terlambat atau bahkan bangun tengah malam hanya untuk mengecek smartphone mereka dan merasa keren karena bisa menjawab percakapan pada pukul 01.00 dinihari. Hal ini harus menjadi perhatian orang tua karena berpotensi memengaruhi tidak hanya fisik anak, tetapi juga kesehatannya mentalnya. Anak-anak akan terlihat lelah ketika bangun di pagi hari dan menjadi tidak bersemangat untuk sekolah. Selain itu, notifikasi dari ponsel yang jumlahnya puluhan bahwa sampai ratusan di pagi hari akan menganggu konsentrasi belajar.

Sumber: BBC

Sumber Foto: DNA India