Swedia Larang Drone Kamera

747408-dronesurveillance-1407806734-318-640x480-640x360

Penggunaan drone kamera ilegal di Swedia kecuali mereka diberikan izin pengawasan khusus. Berdasarkan aturan baru yang ditetapkan oleh Supreme Administrative Court of Sweden, drone dengan kamera memenuhi syarat sebagai kamera pengintai sehingga memerlukan lisensi. Izin tersebut bisa saja mahal dan bila telah membayar untuk memperoleh izin, izin tersebut belum tentu diberikan. Aturan ini tidak memberikan pengecualian untuk wartawan dan kritikus mengatakan bahwa  putusan tersebut bisa berarti kehilangan pekerjaan.

Keputusan tersebut digambarkan sebagai pukulan besar untuk aerial photography dan industri kamera drone sebab pengadilan memutuskan bahwa drone yang menggunakan kamera  dianggap sebagai kamera pengintai. Kelompok industri UAS Swedia (Unmanned Aerial System) berpendapat bahwa putusan pengadilan tersebut bisa menempatkan 5.000 pekerja dalam bahaya (kehilangan pekerjaan).

Gustav Gerdes, presiden UAS mengatakan bahwa larangan tersebut merupakan keputusan yang buruk bagi Swedia sebagai negara entrepreneur dan menyenangkan bagi pasar tenaga kerja Swedia yang terus-menerus dipengaruhi oleh peraturan tidak jelas dan rumit dari negara dan lembaga-lembaganya. Sebelumnya, sebuah pengadilan distrik yang lebih rendah di Swedia telah memutuskan bahwa drone dengan kamera bukan merupakan kamera pengintai, tetapi keputusan tersebut sekarang telah ditolak.

Menurut situs fotografi PetaPixel, lebih dari 20.000 drone terjual di Swedia pada tahun 2014 dengan lebih dari 1.000 izin yang dikeluarkan untuk menggunakan drone berkamera untuk tujuan komersial. Di Inggris, orang yang ingin mengoperasikan pesawat tak berawak atau drone harus mengikuti beberapa aturan keselamatan dasar seperti menjaga jarak, tidak lebih dari 400 kaki di langit dan 500 meter ke depan, menurut kode drone Otoritas Penerbangan Sipil.

Operator perlu untuk mendapatkan izin dari CAA jika mereka menerbangkan drone di daerah padat atau dalam jarak 50 meter dari bangunan. Operator drone juga harus menghormati privasi orang lain di sekitar mereka dan siapa saja yang merasa khawatir terhadap penggunaan drone di daerah mereka disarankan untuk menghubungi polisi.

Sumber: BBC

Sumber Foto: PakWheels