Kebocoran Data Operator Three: Tiga Orang Ditangkap

35596592-cdb0-11e5-831d-09f7778e7377-640x360

Polisi telah menangkap tiga orang sehubungan dengan pelanggaran data di jaringan operator seluler Three, Inggris. Perusahaan tersebut mengatakan rincian, termasuk nama dan alamat, telah diakses dengan menggunakan login ke database pelanggan oleh orang yang memenuhi syarat untuk melakukan upgrade ponsel.

Pelanggaran data tersebut kemudian membuat perangkat yang di-upgrade bisa dicegat secara tidak sah. Badan Kejahatan Nasional (National Crime Agency, NCA) Inggris mengatakan telah menangkap dua pria dari Manchester dan satu orang dari Kent sebagai bagian dari penyelidikan tersebut. Dua orang dari mereka (satu dari Manchester dan satu dari Kent) dicurigai melakukan pelanggaran penyalahgunaan komputer, sedangkan orang ketiga yang berusia 35 tahun dari Moston, Greater Manchester, ditangkap karena dicurigai berusaha memutarbalikkan tuduhan. Ketiganya kemudian dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Three yang memiliki sembilan juta pelanggan, sedang menyelidiki berapa banyak akun yang diakses. Three  mengatakan database yang diakses tidak termasuk pembayaran, kartu atau rincian bank. Seorang juru bicara perusahaan tersebut mengatakan bahwa selama empat minggu terakhir Three telah melihat meningkatnya tingkat penipuan handset.

Juru bicara Three mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan polisi dan pihak berwenang terkait. Untuk saat ini, Three telah mengkonfirmasikan sekitar 400 handset bernilai tinggi telah dicuri melalui pencurian dan delapan perangkat telah diperoleh secara ilegal melalui kegiatan upgrade.

Sumber: BBC

Sumber Foto: samaa.tv