Makin Banyak Penelitian yang Mengungkapkan Efek Buruk Smartphone terhadap Tidur

sleep-enemy-smartphone

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk smartphone, semakin buruk Anda akan tidur. Orang dalam penelitian yang menggunakan waktu mereka untuk smartphone selama penelitian yang berlangsung sebulan mengalami kurang tidur dan kurang mungkin untuk tidur dengan baik daripada mereka yang kurang menghabiskan waktu dengan smartphone. Orang-orang yang menggunakan smartphone mereka sebelum tidur akan lebih lama untuk tertidur.

Menurut peneliti, temuan ini menunjukkan bahwa paparan layar smartphone khususnya di sekitar waktu tidur, dapat berdampak negatif terhadap tidur. Dalam studi tersebut, peneliti meminta 653 orang dewasa untuk memasang aplikasi pada ponsel Android mereka yang mencatat berapa menit layar telepon dihidupkan, kapan pun telepon tidak dalam mode pesawat. Para peneliti mengumpulkan data dari ponsel masing-masing orang selama 30 hari.

Mereka yang ikut dalam penelitian ini adalah bagian dari yang lebih besar, yaitu sebuah proyek yang sedang berlangsung yang disebut Health eHeart Study dan telah memberikan informasi tentang sejarah medis mereka dan kebiasaan gaya hidup. Selain itu, beberapa orang dalam studi ini menyelesaikan kuesioner tentang kebiasaan tidur mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta menggunakan ponsel mereka, rata-rata, selama 1 jam dan 29 menit setiap hari. Tidak ada hubungan antara penggunaan smartphone dan jumlah aktivitas fisik pengguna, mood atau indeks massa tubuh. Namun, penggunaan smartphone tersebut terkait dengan tidur.

Di antara peserta penelitian sebanyak136 orang juga memberikan informasi tentang kebiasaan tidur mereka. Para peneliti menemukan bahwa lebih banyak waktu layar smartphone dikaitkan dengan penurunan kualitas tidur, jumlah waktu tidur yang lebih singkat dan jumlah waktu yang lebih banyak yang diperlukan untuk tertidur. Lebih banyak waktu layar juga terkait dengan penurunan efisiensi tidur yang merupakan rasio dari jumlah waktu yang dihabiskan di tempat tidur dibandingkan dengan jumlah waktu benar-benar tidur.

Penggunaan smartphone di sekitar waktu tidur terkait dengan efisiensi tidur yang lebih rendah dan waktu yang lebih lama diperlukan untuk tertidur. Temuan ini menunjukkan bahwa hubungan antara penggunaan smartphone secara keseluruhan dan tidur mungkin didorong oleh paparan smartphone di waktu menjelang tidur.

Para peneliti juga mencatat bahwa penelitian ini tidak membuktikan ada sebab-akibat antara penggunaan smartphone dan tidur yang memburuk. Bisa jadi, misalnya, bahwa orang-orang yang memiliki kesulitan untuk tidur lebih mungkin untuk beralih ke ponsel mereka pada waktu tidur.

Sumber: Live Science

Sumber Foto: empowher.com