Polisi Tindak Tegas Penggunaan Ponsel Saat Berkendara

21310258-people-use-their-phones-cell-phone-texting-while-driving-jpg

Sering kita melihat banyak orang yang menggunakan ponsel sambil berkendara. Mereka sepertinya tidak khawatir akan kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat menggunakan ponsel sambil berkendara di mana perilaku ini dilarang di banyak negara. Di Inggris dan Wales polisi sedang melakukan tindakan tegas selama seminggu terakhir kepada pengendara yang menggunakan ponsel mereka saat mengemudi.

Operasi tersebut mencakup patroli berdedikasi dan pesan pada tanda-tanda jalan. Langkah ini menyusul rencana pemerintah untuk menerapkan denda ganda dan poin bagi yang menggunakan ponsel saat mengemudi. Sebelumnya pada bulan Mei yang lalu, polisi juga melakukan hal yang sama dan menangkap sedikitnya 2.323 pelanggaran selama satu minggu operasi.

Sebagai bagian dari minggu kampanye terbaru, polisi akan bekerja sama dengan paramedis untuk mendidik publik tentang risiko penggunaan ponsel saat mengemudi. Para petugas dari patroli khusus akan menggunakan mobil tanpa tanda, helm yang dilengkapi kamera, kendaraan dengan tempat duduk tinggi dan titik pandang tinggi untuk menangkap pelaku. Juga akan ada video dan pesan di media sosial yang menjadi skema sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengadukan pelanggar berulang dan pesan yang akan ditampilkan pada rute komuter yang berisi peringatan agar pengendara motor tidak menggunakan ponsel mereka selagi berkendara.

Perilaku menggunakan ponsel selagi mengemudi merupakan perilaku sangat berisiko bahkan ketika pengendara menggunakan mikrofon untuk melakukan pembicaraan karena hal ini bisa menganggu konsentrasi. Sudah seharusnya para pengedara mematuhi aturan untuk tidak menggunakan ponsel mereka selagi mengemudi agar keselematan mereka dan orang lain lebih dapat terjamin.

Sumber: BBC

Sumber Foto: hips.htvapps.com