Drone Merupakan Ancaman yang Sedang Tumbuh

140122133610-drone-fly-in-2-story-top

Hampir 80% dari mereka yang disurvei oleh Defence IQ, penyelenggara konferensi The Countering Drones mengatakan bahwa mereka percaya insiden keamanan besar yang melibatkan drone di wilayah udara sipil adalah sangat mungkin atau hampir pasti terjadi dalam lima tahun ke depan. Di beberapa kawasan, seperti di bandara dan di penjara, drone sudah menyebabkan gangguan yang luas, tetapi konferensi tersebut juga menyoroti bidang-bidang seperti bidang olahraga dan pelabuhan, di mana ancaman yang ditimbulkan oleh pesawat tak berawak atau drone baru muncul.

Laporan insiden hampir tertabraknya pesawat komersial oleh drone telah meningkat tajam. Empat insiden serius yang dilaporkan terjadi pada bulan Juli, di mana drone terlihat sangat dekat, yaitu lima meter dari jet penumpang yang lepas landas atau mendarat. Steve Landells dari British Airline Pilots Association mengatakan bahwa tidak jelas apakah hal tersebut karena pilot drone naif atau aktor berpotensi berbahaya.

Laporan juga mengungkapkan adanya peningkatan tajam dalam tiga tahun terakhir dari penggunaan drone kecil yang digunakan untuk menyelundupkan obat-obatan dan peralatan selundupan lainnya ke dalam penjara. Glyn Travis, juru bicara Asosiasi Petugas Penjara mengatakan bahwa masalah tersebut merupakan masalah yang berkembang setiap hari dan perlu diberantas.

Travis mengatakan bahwa organisasinya telah menanyakan ke Ministry of Justice and National Offender Management Service tentang apa yang mereka lakukan untuk mencoba dan memerangi hal tersebut dan masih menunggu solusi yang akan mencegah penggunaan drone di penjara dan menghentikan penggunaan mereka untuk menyelundupkan peralatan.

Dalam konferensi tersebut juga dibahas ancaman yang kurang sering dilaporkan, yaitu bagaimana melindungi pembangkit nuklir sipil terhadap serangan drone dan kegiatan mata-mata, sementara seorang pejabat AS dijadwalkan untuk memberikan pengarahan tentang bagaimana drone yang digunakan untuk memata-matai pelabuhan, serta untuk penyelundupan.

Pertumbuhan yang cepat dari drone konsumen telah membuat para pejabat terkejut dan memaksa otoritas berebut untuk mengejar ketinggalan dengan langkah-langkah dasar seperti program pendaftaran drone. Langkah-langkah antisipasi terhadap ancaman drone sudah banyak dilakukan, namun sepertinya belum sepenuhnya bekerja karena penggunaan drone yang semakin masif.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: CNN