Facebook Rilis Alat Baru untuk Mengatasi Berita Palsu

Beberapa hari yang lalu, Facebook telah mengumumkan fitur baru untuk membantu memerangi berita palsu yang beredar di jaringan sosial terbesar di dunia tersebut. Fitur yang dirilis adalah fitur pelaporan baru bersamaan dengan perubahan lain yang dirancang untuk memerangi penyebaran informasi yang salah.

Bulan lalu, Facebook secara luas dikritik setelah beberapa pengguna mengeluh bahwa berita palsu telah memengaruhi pemilihan presiden AS. Fitur-fitur baru termasuk kemampuan untuk menandai berita palsu serta kemungkinan perubahan masa depan untuk algoritma Facebook.

Facebook juga telah menambahkan opsi baru berjudul “it’s a fake news story” untuk fitur pelaporan mereka yang saat ini digunakan untuk postingan spam atau konten yang menganggu lainnya. Facebook juga memperkenalkan label untuk “disputed” stories” yang bertujuan untuk merujuk kepemeriksa fakta pihak ketiga

Para pemeriksa fakta harus mendaftar untuk kode prinsip untuk mengambil bagian. Saat ini 43 penandatangan, termasuk organisasi berita di beberapa negara yang berbeda. Poynter, yang mengoperasikan skema, mengatakan akan memikirkan kembali proses aplikasi dalam menanggapi keputusan Facebook.

Facebook mengatakan bahwa berita yang ternyata palsu setelah fact-checking akan dicap dengan link yang menjelaskan mengapa dan mereka juga bisa tampil lebih rendah dalam social feed pengguna. Cerita yang disengketakan juga akan memperingatkan pengguna sebelum mereka berbagi cerita yang bisa saja menjadi palsu.
Facebook menambahkan bahwa mereka sedang melihat kemungkinan fitur lainnya di masa depan.

Sumber: BBC