Hacker Diberi Penghargaan atas Serangan yang Dilakukan

Sebuah kelompok hacker Turki telah mengubah serangan web menjadi sebuah permainan dengan cara memberikan penghargaan atas serangan yang berhasil dilakukan. Mereka memberikan poin loyalitas kepada hacker untuk setiap serangan yang dilakukan terhadap sejumlah kecil situs web. Poin tersebut dimasukkan ke dalam sebuah papan skor dan dapat ditukarkan dengan akses gratis ke alat hacking lainnya. Semua situs yang ditargetkan dalam serangan tersebut dijalankan oleh organisasi yang menentang pemerintah Turki.

Situs yang menawarkan poin untuk serangan tersebut ditemukan oleh perusahaan keamanan Forcepoint beberapa waktu yang lalu. Situs yang disebut Surface Defence dijalankan dari jaringan dark web Tor dan memberikan hacker akses ke alat serangan web yang disebut Sledgehammer.

Alat ini berusaha untuk menyerang situs web agar offline dengan membombardir mereka dengan data yang lebih banyak dari yang mereka bisa tangani. Jenis serangan ini dikenal sebagai Distributed Denial of Service (DDoS). Hadiah satu poin diberikan untuk setiap 10 menit dari serangan yang diarahkan pada salah satu target. Target termasuk kelompok kampanye Kurdi dan organisasi media, partai politik oposisi dan situs yang merinci genosida Armenia. Target lainnya adalah situs dari Uni Demokratik Kristen Jerman dan situs festival film Israel.

Sebuah papan live score yang dilihat oleh peneliti keamanan Forcepoint menunjukkan bahwa hacker dari berbagai kelompok yang berbeda di Turki mengambil bagian dalam kompetisi tersebut. Hacker yang berada di posisi paling atas telah mengumpulkan lebih dari 450 poin. Hadiah yang diberikan termasuk alat serangan DDoS yang lebih canggih, bots klik penipuan dan software hacker lainnya.

Sumber: BBC