Menghabiskan Waktu di Smartphone Sama Buruknya dengan di Televisi

Waktu berjam-jam yang dihabiskan anak-anak dengan smartphone memiliki efek buruk bagi kesehatan mereka sama dengan efek buruk jika mereka terpaku ke televisi. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian dari Universitas Harvard. Anak-anak yang menghabiskan waktu lebih dari lima jam sehari pada gadget mereka memiliki kesempatan mengalami kenaikan obesitas sebesar 43 persen. Anak-anak tersebut juga dua kali lebih mungkin untuk mengonsumsi minuman manis, terlalu sedikit latihan dan menderita kurang tidur. Studi ini dilacak dari 25.000 anak-anak berusia 14 sampai 18 tahun.

Peneliti utama dari penelitian tersebut Dr Erica Kenney mengatakan bahwa menggunakan smartphone, tablet, komputer, dan videogame dikaitkan dengan beberapa faktor risiko obesitas. Penelitian yang ia lakukan menunjukkan bahwa membatasi keterlibatan anak-anak dan remaja dengan perangkat berlayar lainnya mungkin sama pentingnya dengan membatasi waktu menonton televisi.

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Pediatrics. Penelitian ini menunjukkan bahwa remaja saat ini menghabiskan lebih banyak waktu pada perangkat genggam daripada menonton televisi. Survei Ofcom menunjukkan mereka yang berusia antara 5 hingga 15 tahun menghabiskan 15 jam seminggu untuk online dibandingkan dengan sekitar 13,5 jam untuk menonton TV.

Angka-angka terbaru menunjukkan tingkat rekor obesitas, dengan satu dari tiga obesitas atau kelebihan berat badan pada akhir sekolah dasar. Tam Fry, dari Forum Obesitas Nasional, mengatakan smartphone harus dilarang sebelum sarapan dan setelah makan malam. Menurutnya tablet adalah televisi personal dan peraturan yang mengatur screentime harus ketat seperti untuk televisi.

Ini artinya bahwa waktu di layar anak-anak harus dibatasi. Oleh karena waktu di layar seperti di smartphone memiliki efek buruk yang sama dengan menonton televisi, maka harus diatur seperti layaknya mengatur anak-anak menonton televisi agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan anak-anak.

Sumber: The Telegraph