Punya Banyak Akun Medsos, 3 Kali Lebih Mungkin Terkena Depresi

 

Jumlah akun media sosial yang Anda memiliki dapat mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan mental Anda. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi atau penelitian terbaru. Menurut penelitian tersebut, orang dewasa muda yang menggunakan tujuh hingga 11 platform media sosial yang berbeda kemungkinan lebih dari tiga kali untuk melaporkan gejala depresi  dibandingkan dengan mereka sama sekali tidak menggunakan media sosial (nol) atau yang hanyak menggunakan dua media sosial.

Para ahli mengatakan berusaha untuk mempertahankan kehadiran di beberapa platform media sosial sebenarnya dapat menyebabkan depresi dan kecemasan. Brian A. Primack, MD, Ph.D., direktur CRMTH dan asisten di University of Pittsburgh Schools of the Health Sciences mengatakan bahwa mungkin orang yang menderita gejala depresi atau kecemasan atau keduanya cenderung kemudian menggunakan media sosial lebih luas. Misalnya, mereka mungkin mencari tahu beberapa cara untuk merasa nyaman dan diterima. Namun, bisa juga mereka yang berusaha untuk mempertahankan kehadiran di beberapa platform sebenarnya menyebabkan depresi dan kecemasan.

Selain menemukan lingkungan nyaman online, Primack percaya ada alasan lain di balik memiliki beberapa akun media sosial. Salah satunya adalah tindakan multitasking yang terjadi saat beralih antarplatform media sosial diketahui terkait dengan kesehatan kognitif dan mental yang buruk.

Primack dan timnya melakukan survei pada tahun 2014 dengan peserta survei sebanyak 1.787 orang dewasa AS usia 19 hingga 32 tahun yang menggunakan alat penilaian depresi dan kuesioner untuk menentukan penggunaan media sosial. Mereka ditanya tentang 11 platform media sosial paling populer pada saat itu, yaitu Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram, Snapchat, Reddit, Tumblr, Pinterest, Vine dan LinkedIn.

Setelah meninjau data, peneliti menemukan bahwa partisipan yangmenggunakan tujuh sampai 11 platform memiliki 3,1 kali kemungkinan pelaporan tingkat yang lebih tinggi dari gejala depresi daripada rekan-rekan mereka yang paling sedikit menggunakan media sosial. Mereka yang menggunakan platform media sosial paling banyak memiliki 3,3 kali kemungkinan tingkat gejala kecemasan dibandingkan rekan-rekan mereka yang menggunakan lebih sedkit jumlah platform media sosial.

Ini artinya makin sedikit platform media sosial yang digunakan kemungkinan makin kecil terkena depresi atau kecemasan. Mereka yang menggunakan lebih dari 7 platform media sosial mengalami gejala depresi atau kecemasan lebih tinggi daripada mereka yang sedikit menggunakan media sosial. Ini menandakan, jikapun Anda menyukai media sosial, tidak seharusnyalah Anda memiliki akun di setiap media sosial. Mungkin perlu dipilih yang utama saja, misalnya hanya Facebook atau hanya Google  Plus agar Anda terhindar dari gejala depresi atau kecemasan.

Sumber: Daily Mail