Turki Blok Akses ke Jaringan TOR

Turki telah memblokir akses langsung ke jaringan anonim TOR sebagai bagian dari tindakan keras yang lebih luas terhadap cara pengguna internet menghindari sensor di internet. Tindakan keras dimulai bulan lalu ketika ISP Turki diperintahkan untuk memotong virtual private networks yang digunakan pengguna internet untuk menyembunyikan nama mereka ke manapun mereka pergi (di internet).

Banyak pengguna internet di Turki yang telah mengubah cara mereka terhubung ke internet dengan cara menggunakan jaringan anonim TOR untuk menghindari pemblokiran. Aktivis mengatakan pemblokiran akses jaringan TOR tersebut membuat kebijakan sensor internet Turki berubah dari moderat menjadi parah.

TOR atau yang dikenal sebagai The Onion Router bertujuan untuk menyembunyikan ke mana pengguna internet pergi online dengan menggunakan enkripsi dan permintaan memantul secara acak untuk halaman web melalui jaringan komputer yang berbeda. Sistem ini telah menjadi populer di banyak negara, seperti China dan Turki, di mana pemerintah mengawasi dengan ketat apa yang dilakukan dan dikatakan orang secara online.

Saat ini, Turkey Blocks badan yang memonitor sensor internet di negara Turki mengatakan bahwa pemantauan reguler dari TOR menunjukkan bahwa jaringan tersebut sedang diblokir di seluruh negeri. Organisasi ini mulai menyelidiki setelah banyak orang di Turki melaporkan bahwa mereka memiliki masalah mencapai jaringan TOR.

Turkey Blocks menambahkan bahwa pemerintah Turki telah menempatkan sistem canggih di ISP untuk menemukan ketika orang mencoba untuk menyambung ke Tor. Sistem ini bisa memeriksa paket data dan dapat memilih tanda tangan khas dari orang-orang yang bertujuan ke jaringan Tor. Turkey Blocks mengatakan pemerintah Turki memerintahkan perusahaan (ISP) untuk mulai memblokir VPN dan TOR pada awal Desember dan telah meningkatkan tekanan pada perusahaan-perusahaan tersebut untuk bertindak dengan meminta update mingguan tentang keberhasilan tindakan pemblokiran yang mereka lakukan.

Turkey Blocks juga mengatakan bahwa sementara akses langsung ke TOR tidak bekerja dengan baik, banyak orang yang melaporkan bahwa mereka masih bisa mengakses jaringan tersebut jika menggunakan bridge atau penghubung. Sebagaimana diketahui terdapat beberapa pintu masuk tidak resmi ke jaringan TOR karena mereka tidak terdaftar dalam perangkat lunak itu sendiri, tetapi dapat bertahan ketika pemblokiran akses dikenakan.

Sumber: BBC