Administrator Situs Pelecehan Anak Dipenjara 20 Tahun

Michael Fluckiger seorang warga AS telah dijatuhi hukuman 20 tahun penjara karena mengoperasikan sebuah situs yang memperdagangkan gambar pelecehan seksual anak. Situs yang disebut Playpen berada pada jaringan TOR diperuntukkan bagi aktivitas browsing anonim. Departemen Kehakiman AS mengatakan bahwa  Fluckiger sangat terlibat dalam menjalankan situs yang diperuntukkan hanya untuk anggota.

Penyelidikan terhadap situs tersebut berhasil menyelamatkan 49 orang anak-anak Amerika yang merupakan objek pelecehan. Departemen Kehakiman AS mengatakan bahwa  Fluckiger adalah co-administrator situs Playpen dan membantu anggota Playpen melihat dan membaca puluhan ribu pesan yang berkaitan dengan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Fluckiger mengatur daftar keanggotaan, menegakkan aturan situs dan menghapus setiap konten yang tidak terkait dengan gambar tidak senonoh anak-anak. Dua orang lainnya yang membantu menjalankan situs, David Lynn Browning dari Kentucky dan Steven W. Chase dari Florida, telah mengaku bersalah dan dijadwalkan akan segera divonis.

Di Amerika Serikat, sebanyak 48 orang pelaku aktif pelecehan anak telah dituntut sebagai hasil penyelidikan. Secara total, 200 penuntutan telah dihasilkan dari penyelidikan panjang yang dilakukan. Playpen terletak di server di jaringan terkenal TOR yang menyembunyikan identitas dan lokasi browser dengan mengenkripsi data dan memantulkannya di antara komputer yang berbeda.

Lembaga penegak hukum menangkap administrator situs dan banyak anggota Playpen dengan menggunakan teknik yang bisa melucuti anonimitas yang disediakan oleh TOR. Tuntutan hukum terhadap teknik investigasi ini telah diajukan oleh beberapa orang yang diduga anggota Playpen.

Sumber: BBC