Google Hapus 900 Juta Lebih Link Bajakan di Tahun 2016

Hari demi hari pemegang hak cipta membombardir Google dengan pemberitahuan DMCA takedown, dengan cara menunjukkan link ke konten bajakan. Mayoritas permintaan ini dilakukan oleh industri musik dan film serta menargetkan ratusan ribu situs yang berbeda.

Dalam beberapa tahun terakhir volume pemberitahuan penghapusan telah meningkat secara spektakuler dan pada tahun 2016 rekor baru muncul lagi. Selama 12 bulan terakhir, pemegang hak cipta telah meminta Google untuk menghapus lebih dari satu miliar link ke konten yang diduga melanggar hak cipta. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari jumlah yang dihapus tahun 2015, yaitu sebanyak 558 juta link.

Berkat update terbaru dari Laporan Transparansi Google sekarang bisa diketahui seberapa banyak dari laporan yang benar-benar dihapus. Menurut laporan Google, 89,8 persen dari permintaan takedown tersebut menghasilkan 914.000.000 penghapusan. Kalau melihat jumlah situs yang disorot bisa disimpulkan bahwa bukan hanya beberapa situs reguler yang menyebabkan masalah. Secara total, pemegang hak cipta menargetkan konten pada 351.000 situs yang berbeda.

Terdapat berbagai macam pemegang hak cipta juga. Kelompok industri musik Inggris, BPI merupakan kelompok yang berada di garis depan dengan lebih dari 80 juta permintaan takedown. Selain itu terdapat juga Fox, NBC Universal, HBO dan Microsoft di antara pengirim permintaan takedown.

Sementara jumlah pemberitahuan telah terus meningkat selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa tanda-tanda awal bahwa mungkin jumlahnya akan menurun pada tahun 2017. Selama enam bulan terakhir, volume keseluruhan tidak bertambah, dengan jumlah takedown mingguan menurun sekitar 20 juta.

Sumber: Torren Freak

Sumber Foto: Giantbomb