Hacker Pencuri Foto Selebritis Dipenjara 9 Bulan

Seorang pria telah dijatuhi hukuman penjara selama sembilan bulan atas tindakan hacking terhadap akun online selebriti, termasuk Jennifer Lawrence. Edward Majerczyk yang berusia 29 tahun terbukti mencuri informasi pribadi, termasuk video dan foto tanpa busana selebritis tersebut.
Ia juga dituduh mengorganisir skema phishing yang digunakan untuk  menipu korban ke sehingga memberinya nama pengguna dan password.

Majerczyk yang berasal dari Chicago diperintahkan untuk membayar kepada salah satu selebriti yang tidak disebutkan namanya sebesar 4.900 pound setelah foto mereka dibagikan secara online. Namun ia tidak dikenakan tuduhan menjual atau mengirim materi secara online.

Tahun lalu Majerczyk mengaku bersalah atas dakwaan akses tidak sah ke komputer yang dilindungi untuk mendapatkan informasi. Namun demikian tidak satupun nama korban yang disebutkan dalam dokumen pengadilan.

Pada tahun 2014, foto pribadi selebriti termasuk Jennifer Lawrence, Kirsten Dunst dan model Kate Upton dipublikasikan secara online dan dibagikan di berbagai situs. Kasus ini kemudian dikenal sebagai celebgate yang mana pada saat itu Jennifer Lawrence mengatakan bahwa hacking tersebut adalah kejahatan seks.

Dalam memo hukuman, pengacara Majerczyk Thomas Needham mengatakan bahwa pada saat pelanggaran, kliennya menderita depresi. Ia mengunjungi situs pornografi dan chat room internet dalam upaya untuk mengisi beberapa kekosongan dan kekecewaan yang dirasa dalam hidupnya. Pengacara tersebut juga menambahkan bahwa Majerczyk telah secara konsisten menyatakan penyesalan atas tindakan hacking dan bahwa materi yang ia peroleh untuk penggunaan pribadi.

Sumber: BBC