Pembobol Akun email Direktur CIA Mengaku Bersalah

Justin Liverman yang ditangkap oleh FBI karena membobol akun email AOL dari direktur CIA John Brennan, beberapa waktu yang lalu menandatangani kesepakatan pengakuan bersalah. Inbox webmail Brennan dibajak pada tahun 2015 yang lalu dan email-nya kemudian diterbitkan oleh WikiLeaks. Liverman merupakan satu di antara lima orang yang ditangkap karena keterlibatan mereka dalam pembobolan. Empat orang lainnya adalah Andrew Boggs di AS dan tiga remaja Inggris.

Di bawah nama  D3f4ult Liverman diduga telah bergabung dalam konspirasi dan menyebut dirinya sebagai Crackas With Attitude atau CWA dan menargetkan pejabat senior pemerintah Amerika Serikat. Liverman, berusia 24 tahun berasal dari Morehead City, North Carolina, menghadapi beberapa tuduhan kejahatan konspirasi untuk perannya dalam kelompok hacking trans-Atlantik, sebuah kelompok yang dituduh mengakses akun pribadi dan sistem pejabat pemerintah AS termasuk Brennan terutama melalui peniruan dan social engineering.

Tim hukum Liverman merupakan pengacara yang berpengalaman dalam membela klien terhadap undang-undang Computer Fraud and Abuse Act (CFAA) yang terkenal. Mereka terdiri dari Tor Ekeland, Jay Leiderman dan Marina Medvin. Dengan bantuan mereka, Liverman memilih untuk kesepakatan pengakuan bersalah atas kejahatan konspirasi tunggal dengan imbalan pengurangan hukuman.

Perjanjian tersebut menetapkan bahwa Crackas With Attitude menimbulkan kerugian 1,5 juta dollar AS dengan 95.000 dollar  di antaranya disebabkan oleh Liverman yang masih menghadapi hukuman maksimal lima tahun penjara dan pembayaran ganti rugi. Sidang hukumannya akan diselenggarakan pada tanggal 12 Mei 2107.

Sumber: The Register