WhatsApp Digugat Kelompok Konsumen Jerman

Kelompok konsumen Jerman (VZBV) menggugat layanan perpesanan WhatsApp di pengadilan Berlin terkait klausul yang memungkinkan layanan pesan WhatsApp mengumpulkan dan mentransfer data pengguna antara platform WhatsApp dengan Facebook. Sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu, WhatsApp memperkenalkan klausul yang memungkinkan transfer data pengguna WhatsApp ke Facebook.

Gugatan tersebut menantang persyaratan privasi WhatsApp yang diubah pada bulan Agustus 2016 yang memungkinkan untuk mentransfer beberapa data ke jaringan sosial Facebook. Penggugat, yaitu VZBV mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa setiap pengguna harus mampu memutuskan sendiri data pribadi mana yang diungkap dan bagaimana data tersebut digunakan. BZBV menganggap bahwa WhatsApp telah melakukan pelanggaran sehingga mereka membawa kasus tersebut ke pengadilan.

Aturan transfer data antara WhatsApp dengan Facebook tersebut telah memicu gelombang kekhawatiran regulator Eropa. Margrethe Vestager,  komisaris kompetisi Uni Eropa kini tengah menyelidik Facebook karena memasok informasi yang salah atau menyesatkan tentang bagaimana Facebook berencana untuk menggunakan data pengguna ketika mengajukan persetujuan untuk mengakuisisi WhatsApp. Regulator antitrust Jerman juga tengah menyelidiki masalah transfer data WhatsApp ke Facebook.

Sumber: Bloomberg