188 Serangan Cyber Tingkat Tinggi Landa Inggris dalam 3 Bulan

Pimpinan GCHQ Inggris yang baru mengatakan bahwa Inggris sedang dilanda puluhan serangan cyber setiap bulan, termasuk upaya oleh hacker yang disponsori Rusia untuk mencuri rahasia pertahanan dan kebijakan luar negeri.

Ciaran Martin, kepala National Cyber ​​Security Centre (NCSC) yang baru mengatakan telah terjadi perubahan langkah dalam agresi online Rusia melawan barat. NCSC dilaporkan telah memblokir 34.550 serangan potensial pada departemen pemerintah dan masyarakat Inggris dalam enam bulan terakhir atau sekitar 200 kasus per hari.

Dugaan bahwa Rusia yang mensponsori serangan cyber menjadi titik fokus selama pemilu AS, menimbulkan kekhawatiran bahwa taktik itu meningkat. Martin mengatakan Inggris telah terkena 188 serangan tingkat tinggi yang mengancam keamanan nasional dalam tiga bulan terakhir.

Dalam kasus departemen pemerintah, serangan tersebut masuk ke sistem untuk mengekstrak informasi tentang kebijakan pemerintah Inggris, mulai dari dari energi, diplomasi hingga informasi pada sektor tertentu. Serangan oleh hacker Rusia dan China yang disponsori negara pada server pertahanan dan kebijakan luar negeri Inggris sedang diselidiki oleh NCSC.

Martin menambahkan bahwa selama dua tahun terakhir telah terjadi perubahan langkah dalam agresi Rusia di dunia maya. Bagian dari perubahan langkah tersebut adalah serangkaian serangan terhadap lembaga-lembaga politik, partai politik, organisasi parlemen dan itu semua dibuktikan oleh mitra internasional Inggris dan diterima secara luas.

Sumber: The Guardian