Akses Wikipedia Gratis di Irak

Asia Cell sebuah provider telekomunikasi di Irak mengumumkan bahwa akses ke Wikipedia tidak akan dikenakan biaya data mobile untuk pelanggan mereka. Pengumuman ini adalah bagian dari skema Wikipedia Zero yang telah beroperasi di 59 negara di seluruh dunia sejak tahun 2012. Program gratis tersebut dimulai pada tanggal 28 Februari dan diungkpkan pada Mobile World Congress di Barcelona.

Sebagaimana diketahui, Wikimedia Foundation (pengelola Wikipedia) menyatakan ingin membawa pengetahuan ke manusia sebanyak mungkin. Namun beberapa pihak berpendapat bahwa proyek-proyek seperti ini bertentangan dengan prinsip-prinsip net neutrality.

Prinsip net neutrality adalah prinsip yang mengharuskan semua data diperlakukan sama dalam jaringan. Memperlakukan data sama dalam jaringan, tetapi kemudian membuat beberapa data yang lebih menguntungkan secara ekonomi di luar jaringan dianggap oleh banyak orang sebagai pelanggaran prinsip net neutrality.

Wikimedia Foundation menyatakan di situsnya bahwa mereka tidak membayar provider yang mendaftar ke program tersebut dan mereka tidak mendapatkan kontrol editorial apapun atas platform Wikipedia.

Sarmad Saeed Yassen dan istrinya Ravan Jaafar Altaie merupakan relawan editor Wikipedia yang berbasis di Irak. Mereka melakukan pengeditan dalam bahasa Arab dan Kurdi. Yassen adalah seorang insinyur telekomunikasi di Erbil, Irak. Yassen mengatakan bahwa internet mobile tersedia di mana-mana, tetapi harganya bisa mahal. Wikipedia yang menyediakan akses gratis akan menjadi sangat penting untuk orang-orang dan juga untuk perusahaan.

Sumber: BBC