Lagi, Operator Situs Pelecehan Anak di Internet Dipenjara 20 Tahun

Amerika Serikat tidak main-main di kejahatan pelecehan seksual anak di internet. Setelah memenjarakan salah seorang operator situs pelecehan seksual anak di bulan Januari yang lalu, orang kedua yang mengoperasikan situs dengan tujuan yang sama kembali dipenjara dengan hukuman yang sama, yaitu 20 tahun.

David Lynn Browning merupakan kontroler sentral dari situs Playpen yang didirikan di dark web. Selain memperoleh hukuman 20 tahun penjara, Browning juga akan dikenakan pengawasan setelah ia keluar dari penjara kelak.

Browning adalah operator kunci Playpen kedua yang dipenjara. Pada bulan Januari administrator lain menerima hukuman yang sama. Menurut Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ), Browning merupakan anggota senior kelompok yang mengoperasikan Playpen. Ia bertanggung jawab untuk menjalankan situs sehari-hari, moderator diskusi dan mengelola daftar keanggotaan. DOJ mengatakan situs yang diperuntukkan hanya untuk anggota tersebut dijalankan melalui jaringan anonim, The Onion Router (Tor).

Operasi FBI yang berlangsung cukup lama  menyebabkan Playpen ditutup pada tahun 2015. Sebelum ditutup, FBI menjalankan situs tersebut selama dua minggu untuk mengumpulkan data penggunanya. Playpen diyakini memiliki sekitar 150.000 anggota yang berbagi puluhan ribu posting tentang pelecehan seksual terhadap anak-anak. DOJ mengatakan operasi FBI telah menyebabkan penangkapan 51 orang yang terhubung ke situs tersebut dan menyelamatkan 55 anak yang dilecehkan.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Rappler