Sysadmin Kembali, Sebabkan Kerugian 1 Juta Dollar AS

Seorang administrator sistem yang sebelumnya telah dipecat dipenjara setelah melakukan hacking sistem kontrol dari perusahaan tempatnya bekerja sebelumnya  dan menyebabkan kerugian lebih dari satu juta dolar AS.

Brian Johnson, 44 tahun dari Baton Rouge, Louisiana, AS, pernah bekerja di pabrik kertas Georgia-Pacific selama bertahun-tahun, namun pada tahun 2014 ia dipecat. Ternyata setelah dipecat, Brian menghabiskan waktu selama dua minggu mengobrak-abrik sistem perusahaan dan mendatangkan malapetaka dari rumahnya.

Meskipun dipecat, Brian Johnson masih dapat terhubung ke server Georgia-Pacific melalui VPN bahkan setelah pekerjaannya dihentikan. Setelah kembali ke dalam jaringan perusahaan, ia memasang software sendiri, dan mempermainkan sistem kontrol industri. Sasarannya adalah pabrik Georgia Pacific di Port Hudson, Louisiana yang memproduksi handuk kertas dan tisu selama 24 jam sehari. Dalam serangan selama dua minggu, ia menyebabkan kerugian sekitar 1,1 juta dollar AS dalam bentuk produksi yang hilang atau rusak.

Namun, waktu serangan membangkitkan kecurigaan dari mantan tempatnya bekerja yang memiliki 200 fasilitas di seluruh Amerika dan mempekerjakan 35.000 orang. Pada tanggal 27 Februari, 13 hari setelah ia dipecat, FBI menggerebek rumah Johnson. Mereka menemukan koneksi VPN ke server perusahaan di laptopnya dan penyelidikan forensik berikutnya terhadap hard drive dan broadband router menjadi bukti yang cukup bukti untuk menangkapnya.

Johnson mengaku bersalah melakukan hacking dan menyebakan  kerusakan yang disengaja pada tanggal 4 Februari tahun lalu. Pada Rabu pekan ini, pengadilan distrik Louisiana menyebutkan bahwa ia telah menyebabkan kerusakan senilai 1.134.828 dollar AS yang harus ia bayar. Namun, terlebih dahulu ia akan masuk penjara selama 34 bulan ke depan.

Sumber: The Register