Jerman Setujui Penambahan Kamera Pengawas

Video pengawasan publik tampaknya akan menjadi lebih umum di Jerman setelah majelis rendah parlemen Jerman menyetujui paket kebijakan baru. Masalah keamanan akan diberikan bobot yang lebih besar dibandingkan dengan privasi ketika tempat seperti pusat perbelanjaan mengajukan izin untuk menginstal kamera.

Kenangan buruk dari era komunis telah membuat Jerman waspada memperluas kekuasaan pengawasan. Namun serangan seksual massal terhadap perempuan di Cologne pada Malam Tahun Baru tahun 2015 dan serangkaian serangan terhadap warga sipil pada bulan Juli memaksa Menteri Dalam Negeri Thomas de Maiziere untuk memperkenalkan undang-undang pada bulan Agustus.

Tekanan untuk langkah-langkah keamanan yang lebih efektif meningkat lebih lanjut setelah serangan truk bulan Desember pada pasar Natal di Berlin. Langkah-langkah telah disetujui oleh Bundestag dalam sesi maraton minggu lalu.

Bundestag menyatakan bahwa serangan di pasar Natal di Breitscheidplatz, Berlin, serta percobaan serangan di Ansbach dan penembakan di Munich pada musim panas, telah menunjukkan dengan jelas bahwa teroris dan pelaku serangan memilih tempat-tempat umum yang sering ramai untuk menimbulkan kemungkinan kerusakan terbesar.

Oleh karena itu Pemerintah Federal ingin melakukan amandemen peraturan terkait pengawasan video di Federal Data Protection Act. Perlindungan kehidupan, kesehatan atau kebebasan orang harus dianggap sebagai hal yang sangat penting di video pengawasan oleh operator swasta di wilayah yang dapat diakses publik.

Pihak berwenang masih akan mendapatkan persetujuan akhir ketika tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan, tempat olahraga dan parkir mobil ingin menempatkan kamera pengawasan, namun kini perlindungan hidup, kesehatan atau kebebasan kini memperoleh porsi yang lebih besar. RUU ini juga memperkenalkan kamera kecil di tubuh untuk polisi.

Beberapa kritik dari langkah-langkah yang lebih luas terhadap kamera pengawasan tersebut mengatakan bahwa kamera sudah tersebar luas di sekitar stasiun kereta api Cologne, di mana serangan Tahun Baru berlangsung dan bahwa yang diperlukan adalah pemantauan yang lebih efisien dari kamera pengawasan, bukan menambahnya.

Sumber: BBC