Kenangan Bukan Hal yang Pribadi di Amerika

Direktur FBI James Comey mengatakan komunikasi apapun, baik itu dengan pasangan, imam/pendeta atau pengacara dan kenangan apapun yang dimiliki warga kemungkinan bisa diminta jika ada perintah pengadilan.

Berbicara pada Boston Cyber Security Summit, Comey mengatakan bahwa pendiri Amerika telah menetapkan bahwa ada hak untuk privasi, tetapi pemerintah memiliki hak untuk mengganggu atas nama keamanan. Menurutnya, bahkan kenangan seseorang (warga AS) tidak benar-benar pribadi di Amerika.

Siapapun dari kita dapat dipaksa, dalam kondisi yang tepat untuk mengatakan apa yang kita ingat, apa yang kita lihat. Bahkan komunikasi kita dengan pasangan, dengan pendeta, dengan pengacara tidak benar-benar pribadi di Amerika. Dalam kondisi yang tepat hakim dapat memaksa seseorang  untuk bersaksi di pengadilan terkait komunikasi sangat pribadi tersebut.

Comey membuat argumen ini sebagai bagian dari diskusi tentang hubungan FBI dengan enkripsi. Dia mengatakan bahwa enkripsi telah menjadi bagian dari teknologi komputer, tetapi setelah whistleblowing Edward Snowden, FBI melihat peningkatan besar dalam penggunaan enkripsi dan ini membuat hidup FBI menjadi sulit.

Antara Oktober dan November tahun lalu, FBI telah mengambil 2.800 perangkat. Akan tetapi karena enkripsi yang ada di perangkat tersebut, FBI tidak mampu masuk ke 1.200 perangkat. Comey mengeluhkan bahwa perusahaan teknologi telah membuat enkripsi yang kuat dan diberikan kepada semua orang, bahkan kepada pengedar narkoba dan pedofil.

Comey mengaku dirinya penggemar privasi dan enkripsi yang kuat. Ia mengaku memiliki akun Instagram, tetapi hanya memiliki sembilan follower karena ia memblok semua orang, kecuali anggota keluarga. Dia mengatakan suka dengan privasi tersebut, tetapi akan membuka akun tersebut jika dipaksa untuk melakukannya di bawah hukum yang sah.

Senada dengan enkripsi, Comey mengatakan FBI melindungi data mereka dengan enkripsi yang kuat dan memberikan perangkat terenkripsi kepada agen-agennya. Namun jika perlu, FBI masih bisa mengakali enkripsi pada perangkat tersebut dan perusahaan harus memiliki pendekatan yang sama.

Sumber: The Register