Angkatan Laut AS Larang Berbagi Foto Intim tanpa Izin

Angkatan Laut AS telah mengeluarkan peraturan baru yang melarang personil membagikan foto intim tanpa izin. Angkatan Laut AS melarang membagi foto ketika seseorang yang ada di foto memiliki harapan privasi yang wajar atau tanpa harus ada pembenaran atau alasan hukum.

Pelarang tersebut mengemuka setelah beberapa waktu yang lalu ditemukan beberapa personil marinir berbagi foto wanita dalam kelompok Facebook rahasia. Personel angkatan laut AS yang ditemukan melanggar peraturan tersebut akan ditangani oleh pengadilan militer. Keputusan tersebut merupakan perintah sementara yang ditandatangani minggu lalu dan diperkirakan akan dipermanenkan pada peraturan Angkatan Laut AS edisi selanjutnya.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, foto-foto intim tersebut awalnya muncul di grup Marines United pada bulan Januari. Foto tersebut sering disertai komentar cabul dan beberapa perempuan dalam gambar diidentifikasi dengan nama, pangkat dan unit.

Grup tersebut kini telah ditutup. Namun dulu anggotanya terbatas pada marinir yang aktif dan telah pensiun, Navy Corpsmen, dan British Royal Marines. Seorang juru bicara untuk Royal Navy mengatakan bahwa foto intim yang diposting tersebut menimbulkan masalah bagi pihak berwenang AS.

Beberapa foto tampaknya diambil secara diam-diam, sementara yang lain diyakini telah diambil dengan persetujuan perempuan yang ada di foto, namun diposkan tanpa izin. Facebook dan Google telah menutup akun media sosial yang memposting foto tersebut, menyusul permintaan dari Korps Marinir AS. Folder Google Drive yang meng-hosting foto tersebut juga ikut dihapus.

Sumber: BBC