Hacker Kompromikan Sirene Peringatan Tornado di Dallas

Hacker telah disalahkan atas dikompromikannya sebanyak 156 sirene peringatan di kota Dallas, Amerika Serikat selama akhir pekan yang lalu. Sirene tersebut biasanya digunakan untuk memberikan peringatan kejadian cuaca ekstrim seperti tornado.

Juru bicara kota Dallas mengataskan seluruh sirene peringatan yang berjumlah 156 unit di kota tersebut diaktifkan secara bersamaan dan dipercaya bahwa peristiwa tersebut merupakan hack yang dilakukan oleh hacker.

Oleh karena semua sirene peringatan tersebut serentak berbunyi, hal tersebut menimbulkan kebisingan dan membangunkan banyak orang. Sirene yang diaktifkan pada pukul 23:42 waktu setempat (04:42 GMT) pada hari Jumat minggu dan berlangsung selama sekitar 90 menit.

Beberapa rekaman peristiwa tersebut yang diposting secara online memperlihatkan bahwa bunyi sirene dapat didengar dengan jelas. Technicians for the Office of Emergency Management akhirnya mampu menghentikan bunyi sirene peringatan dan menemukan bukti bahwa sistem sirene telah tersebut telah di-hacked.

Juru bicara kota Dallas mengatakan bahwa mereka  percaya bahwa hack berasal dari daerah Dallas. Tahun lalu, seseorang menyusup ke sejumlah rambu lalu lintas di kota Dallas dan menggunakan rambu lalu lintas tersebut untuk mempublikasikan lelucon. Namun belum ada indikasi bahwa yang meng-hack sistem sirene adalah orang yang sama.

Sumber: BBC