Pelanggaran Data Wonga Pengaruhi 245 Ribu Pelanggan

Perusahaan payday loan (pinjaman tanpa jaminan yang biasanya dibayar dalam jangka waktu yang singkat) Wonga telah menderita pelanggaran data yang mungkin memengaruhi hingga 245.000 pelanggan di Inggris.

Perusahaan tersebut mengatakan sedang menyelidiki akses ilegal dan tidak sah ke data pribadi dari beberapa pelanggan. Mereka mengatakan telah mulai menghubungi peminjam pada hari Sabtu minggu lalu dan menawarkan dukungan melalui saluran telepon khusus. Informasi yang dicuri termasuk nama, alamat, nomor telepon, nomor rekening bank dan sort codes.

Prof Alan Woodward, seorang ahli cybersecurity di University of Surrey mengatakan bahwa pelanggaran data Wonga tersebut tampaknya salah satu pelanggaran data terbesar di Inggris yang melibatkan informasi keuangan. Kisaran informasi yang dicuri juga dapat mencakup empat digit terakhir dari kartu nasabah bank  yang merupakan informasi yang digunakan oleh beberapa bank sebagai bagian dari proses login untuk akun online.

Selain pelanggan di Inggris, sebanyak 25.000 pelanggan di Polandia juga berpotensi terkena dampak pelanggaran data tersebut. Dalam sebuah pernyataan, perusahaan mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan pihak berwenang dan sedang dalam proses menginformasikan kepada pelanggan yang terkena dampak dan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Wonga mengatakan bahwa mereka tidak percaya penyerang memperoleh akses ke rekening pinjaman pengguna, tetapi memperingatkan pelanggan untuk waspada. Wonga yang menyediakan pinjaman jangka pendek, mengatakan telah menyadari pelanggaran minggu lalu, tetapi pada waktu berpikir tidak ada data yang terlibat. Namun, hari Jumat mereka menyadari serangan lebih serius dan mulai menginformasikan kepada pelanggan pada hari Sabtu melalui email dan teks.

Prof Woodward mengatakan kombinasi nama, alamat, sort codes dan empat digit terakhir dari kartu bank sangat mengkhawatirkan bagi pelanggan. Menurutnya pelanggaran data lain yang terjadi di Inggris cenderung tidak mendapatkan akses ke detail-detail keuangan tersebut.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Big Stock