Penggunaan Smartphone Sebabkan Kematian di Jalan Raya

Kenaikan tajam kematian pejalan kaki di Amerika Serikat sebagian disebabkan oleh orang yang menggunakan smartphone mereka saat mengemudi atau menyeberang jalan. US Governors Highway Safety Association memperkirakan bahwa ada 6.000 kematian pejalan kaki pada tahun 2016, jumlah tertinggi dalam lebih dari 20 tahun. Dalam enam tahun terakhir, kematian di jalan raya meningkat empat kali lipat dibandingkan tingkat kematian kecelakaan lalu lintas secara keseluruhan.

Laporan tersebut mengatakan sejumlah faktor yang harus disalahkan, termasuk penggunaan (perangkat) mobile. Faktor yang lebih baru berkontribusi terhadap peningkatan dalam kematian pejalan kaki mungkin meningkatnya penggunaan smartphone oleh semua pengguna jalan, yang dapat menjadi sumber signifikan dari gangguan, baik untuk pengemudi maupun pejalan kaki.

Faktor lain meliputi peningkatan mengemudi karena ekonomi membaik, harga bensin yang lebih rendah dan lebih banyak orang yang berjalan kaki untuk alasan latihan dan lingkungan. Alkohol juga disalahkan, dengan 34% dari pejalan kaki dan 15% dari pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan fatal mabuk pada saat kecelakaan terjadi.

Laporan tersebut berdasarkan data dari semua negara bagian di AS untuk enam bulan pertama tahun 2016. Royal Society for the Prevention of Accidents, Inggris juga mengatakan bahwa ponsel sebagai berbahaya dan mengganggu. Semakin banyak remaja dan orang dewasa muda yang cedera akibat gangguan sebagai akibat dari menggunakan smartphone saat menyeberangi jalan. Hal tersebut karena sedang melakukan percakapan, mendengarkan musik, SMS atau menggunakan internet.

Sumber: BBC

Sumber Foto: AV Club