Studi Terbaru Konfirmasi Efek Jelek Facebook terhadap Pengguna

Pengguna Facebook rata-rata menghabiskan hampir satu jam di situs Facebook setiap hari. Sebuah survei Deloitte menemukan bahwa bagi banyak pengguna smartphone, memeriksa aplikasi media sosial adalah hal pertama yang mereka lakukan di pagi hari, sering bahkan sebelum turun dari tempat tidur. Tentu saja, interaksi sosial adalah bagian yang sehat dan perlu eksistensi manusia. Ribuan studi menyimpulkan bahwa kebanyakan manusia berkembang ketika mereka memiliki yang hubungan yang kuat, positif dengan manusia lain.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat mengurangi hubungan tatap muka, mengurangi investasi dalam kegiatan yang bernilai, meningkatkan perilaku menetap dengan mendorong lebih banyak waktu di layar, menyebabkan kecanduan internet, dan mengikis kepercayaan diri melalui perbandingan sosial yang tidak menguntungkan.

Perbandingan diri (dengan orang lain) dapat menjadi pengaruh yang kuat pada perilaku manusia dan karena orang cenderung menampilkan aspek yang paling positif dari kehidupan mereka di media sosial, adalah mungkin bagi seorang individu untuk percaya bahwa kehidupan mereka diperbandingkan negatif dengan apa yang diperlihatkan oleh orang lain.

Para peneliti ingin mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang hubungan antara penggunaan media sosial dan kesejahteraan. Dalam penelitian, peneliti menggunakan tiga gelombang data dari 5.208 orang dewasa dari sebuah panel nasional yang dikelola oleh organisasi Gallup, ditambah dengan beberapa ukuran yang berbeda dari penggunaan Facebook untuk melihat seberapa besar kesejahteraan pengguna berubah dari waktu ke waktu dalam hubungannya dengan penggunaan Facebook.

Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan sosial di dunia nyata terkait positif (memiliki hubungan positif) dengan kesejahteraan keseluruhan, penggunaan Facebook malah terkait atau memiliki hubungan negatif dengan kesejahteraan keseluruhan. Hasil penelitian tersebut sangat kuat untuk kesehatan mental/jiwa. Penggunaan Facebook dalam satu tahun yang diperkirakan menurunkan kesehatan mental dalam satu tahun kemudian. Peneliti menemukan secara konsisten, baik memberikan LIKE maupun mengklik link merupakan faktor yang mengurangi kesehatan jasmani, kesehatan jiwa, dan kepuasan hidup.

Perlu diketahui bahwa penelitian terbaru ini dilakukan lebih ketat untuk membuktikan penelitian sebelumnya yang kurang lebih hasilnya sama.

Sumber: Harvard Business Review