Pembuat Situs Pelecehan Anak Playpen Dipenjara 30 Tahun

Orang yang diyakini menciptakan situs terbesar di dunia yang terkait dengan foto pelecehan seksual terhadap anak dijatuhi hukuman 30 tahun penjara. Steven Chase nama pendiri situs tersebut mendirikan situs Playpen di jaringan Tor di awal tahun 2014. Pada saat ditutup setahun kemudian, situs tersebut memiliki lebih dari 150.000 pengguna dan menampung lebih dari 50.000 foto dan video pelecehan seksual terhadap anak.

FBI mengatakan bahwa penghapusan situs Playpen menyebabkan hampir 300 anak-anak yang dilecehkan dapat diidentifikasi atau diselamatkan.

Chase dilacak setelah secara tidak sengaja mengungkapkan alamat IP dari server yang menghosting situs Playpen. Kesalahan Chase tersebut terlihat oleh seorang polisi dari negara lain dan informasinya diteruskan ke FBI karena servernya ada di AS.

Pada bulan Februari 2015, FBI menggerebek perusahaan North Carolina yang mengelola server Playpen dan mengendalikan komputernya. Serangan tersebut membuat agen/polisi bisa melacak staf Chase dan Playpen. Dua pria lain yang membantu Chase menjalankan Playpen sudah dijatuhi hukuman penjara masing-masing menerima hukuman selama 20 tahun.

FBI membuat situs Playpen berjalan selama dua minggu setelah mengendalikannya dan menggunakan perangkat lunak jahat untuk memantau dan menemukan penggunanya. Akibatnya, lebih dari 800 orang di seluruh dunia telah ditangkap karena terlibat dalam menyalahgunakan anak-anak atau menyebarkan materi pelecehan seksual anak.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Rappler