Pengguna Ponsel Cenderung Banyak Minum dan Merokok

Seiring menningkatnya popularitas dan penggunaan ponsel secara berkelanjutan, sambungan telepon rumah secara perlahan semakin sedikit atau mengalami penurunan. Sebuah studi yang dikeluarkan Departemen Kesehatan AS mengonfirmasi bahwa sebanyak 50,8 persen orang dewasa tinggal di rumah tangga dengan hanya telepon nirkabel atau ponsel, sebanyak 39,4 persen memiliki sambungan telepon rumah dan nirkabel, dan hanya sebanyak 6,5 ​​persen rumah tangga yang menggunakan telepon rumah.

Meskipun secara keseluruhan hasil studi ini tidak mengejutkan karena kemajuan pesat industri ponsel secara keseluruhan, namun  demografi rumah tangga nirkabel dan telepon rumah serta beberapa kebiasaan kesehatan yang dilaporkan sendiri cukup menarik untuk ditelusuri lebih jauh.

Kebiasaan tersebut misalnya, lebih dari 70 persen orang dewasa berusia 25 sampai 34 tinggal di rumah tangga yang hanya memiliki sambungan nirkabel atau ponsel. Selain itu, mayoritas rumah tangga nirkabel (83,7 persen) adalah orang dewasa yang tidak berikatan yang tinggal bersama tanpa anak.

Karena penelitian ini dilakukan oleh USHD atau departemen kesehatan AS, perilaku dan status terkait kesehatan juga disurvei. Sebagian besar dari mereka yang hanya menggunakan sambungan nirkabel atau ponsel melaporkan bahwa mereka memiliki setidaknya satu hari di mana mereka minum alkohol sangat banyak pada tahun lalu. Mereka yang menggunakan telepon rumah cenderung lebih sedikit, yaitu hanya 18,8 persen pengguna telepon rumah yang mabuk berat di tahun yang lalu. Sebanyak 18,4 persen pengguna ponsel saat ini merokok, sementara pengguna telepon rumah hanya sebanyak 12,1 persen.

Meskipun memiliki perilaku kesehatan yang cukup berbeda di antara keduanya, sebanyak 41,5 persen pengguna ponsel memenuhi pedoman aktivitas fisik federal tahun 2008, sebaliknya, hanya 36,9 persen dari pengguna telepon rumah yang memenuhi pedoman tersebut.

Studi ini mungkin saja bias. Namun melihat perilaku di atas, di mana pengguna ponsel cenderung lebih banyak minum dan merokok dibandingkan pengguna telepon rumah tampaknya menarik untuk dilihat sejauh mana penggunaan perangkat seperti ponsel berpengaruh kepada kebiasaan yang terkait dengan kesehatan.

Sumber: CNet