Google Hapus Catatan Medis dari Hasil Pencarian

Google telah mulai menghapus catatan medis pribadi dari hasil pencarian. Hal ini dilakukan setelah menyesuaikan kebijakannya terkait informasi pribadi.

Perubahan tersebut dilakukan beberapa waktu yang lalu dengan memasukkan rekam medis pribadi sebagai rahasia pribadi yang akan dikeluarkan Google dari hasil pencarian. Contoh lain dari informasi serupa yang tidak ditampilkan di hasil pencarian adalah nomor identifikasi nasional, nomor rekening bank, nomor kartu kredit dan gambar tanda tangan.

Bocoran rekam medis dapat menganggu korban, baik secara finansial maupun emosional. Selain itu prospek masa depan juga terkena dampak sehingga kehidupan pribadi menjadi rentan terpapar. Mengingat sistem indeks Google akan menangkap apapun yang dapat diakses publik di internet, kebocoran seperti yang pernah terjadi di laboratorium patologi India yang mengunggah lebih dari 43.000 catatan pasien pada bulan Desember yang lalu, termasuk nama dan hasil tes darah HIV dapat sangat merusak.

Sebelumnya, perubahan terakhir pada kebijakan penghapusan dilakukan pada tahun 2015 dengan penambahan  foto telanjang atau seksual eksplisit yang diupload atau dibagikan tanpa persetujuan pengguna untuk menghindari balas dendam porno.

Penambahan item baru pada kebijakan penghapusan Google menandai perubahan dari pendekatan Google yang menolak usaha penyensoran. Hal ini terutama karena Google mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir karena penyebaran berita palsu dan kesalahan informasi. Google baru-baru ini menyesuaikan hasil pencariannya dengan menurunkan informasi yang diperkirakan sebagai berita palsu.

Nantinya dengan perubahan ini hasil pencarian tidak lagi menampilkan informasi catatan medis pengguna. Hal ini tentu sebuah hal yang sangat baik bagi pengguna secara keseluruhan.

Sumber: The Guardian